Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Motor "Recall" K 1200 GT dan R-Series di Seluruh Dunia

Kompas.com - 20/05/2010, 14:09 WIB

JERMAN, KOMPAS.com — Apakah Anda yang di Indonesia mempunyai motor BMW R-Series Boxer Twins atau K1200GT? Kalau iya, prinsipal di Jerman mengumumkan safety recall. Masalahnya, ada yang bocor pada sistem pengereman pada kedua jenis motor produksi Agustus 2006 sampai Mei 2009 itu.

"BMW Motorrad telah mengumumkan recall terhadap R-Series dan K 1200 GT. Setelah diteliti, pipa pada sistem rem berpontensi rusak. Itu mungkin dikarenakan getaran, terutama pada bagian depan, sehingga minyak rem bisa keluar dari pipa pada bagian depan," demikian pernyataan dari perusahaan, dikutip Autoevolution, Rabu (19/5/2010).

Akibat bocor itu, minyak rem di tabung cadangan yang berada di setang akan berkurang dan tentu akan memengaruhi daya cengkeram rem depan. "Tapi untuk rem belakang tidak pengaruh sama sekali," sebut manajemen BMW.

Mereka juga menjamin bahwa kebocoran melalui pipa itu sangat kecil. Sampai kini, belum ada yang mengalami kecelakaan karena masalah di bagian tersebut.

Sekadar informasi, jumlah dari total kedua motor yang terkena recall ini mencapai 122.000 unit di seluruh dunia. Dealer-dealer BMW pun akan mengontak pemilik motor yang berpotensi mengalami masalah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com