Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil "Murah" Toyota Muncul di India

Kompas.com - 11/12/2009, 16:20 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Anak usaha Toyota di India, Toyota Kirloskar Motor, akan menunjukkan mobil "murah" miliknya dalam ajang The 10th Auto Expo Automobile New Delhi, Januari 2010. Mobil yang diberi kode Entry Familiy Car (EFC) atau mobil pertama untuk keluarga ini berada setingkat di bawah Yaris.

Rencana produksi massal akan dilaksanakan akhir tahun 2010 dengan memanfaatkan pabrik kedua milik Toyota di India. Target produksinya mencapai 70.000 unit pada tahun pertama.

"Kedua mobil konsep versi hatchback dan sedan akan dipamerkan di Auto Expo. Produk ini akan diboyong dari pusat di Jepang," ujar Wakil Direktur Pelaksana Sandeep Singh, seperti dikutip Press Trust India, Jumat (11/12/2009).

Hingga kini, Toyota sudah memiliki jaringan berupa 93 dealer di Negeri Sari. Pada saat EFC mulai diluncurkan ke pasar, jumlah dealer ditargetkan akan meningkat hingga 150 unit.

Dengan EFC, produsen mobil terbesar di dunia tersebut berencana menambah pangsa pasar di India dan menggeser dominasi Suzuki. EFC ini sekaligus sebagai rival utama dari mobil ultra murah, Nano, yang diproduksi pabrikan lokal Tata Motors.

India saat ini menjadi salah satu pasar mobil yang paling berkembang di seluruh dunia, terutama untuk produk entry level. Selain Toyota, pabrikan lain, seperti Suzuki, Nissan, Ford, Nissan, dan General Motors, sudah mempersiapkan mobil murahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com