Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Satu Hati Honda untuk Anak Bangsa

Kompas.com - 08/05/2014, 19:10 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Astra Honda Motor (AHM) resmi membuka Sekolah Satu Hati, di SMA Negeri 80 Jakarta Utara, Rabu (7/5/2014). Acara ini menjadi bagian program Sekolah Satu Hati untuk tingkat pendidikan SD, SMP, dan SMA. Tujuannya, menciptakan anak bangsa dengan pondasi tiga pilar, sosial, lingkungan, dan budaya.

Dalam keterangan resminya, AHM menjelaskan, pada pilar sosial, perusahaan mendorong para siswa untuk aktif berkontribusi dalam proses perubahan sosial, melalui pelatihan-pelatihan perilaku dan keselamatan berkendara, yang diberikan oleh duta AHM Berbagi Ilmu (ABI). ‎Untuk pilar lingkungan, mendorong terciptanya Sekolah Adiwiyata, yang dicanangkan pemerintah untuk melindungi dan mengelola lingkungan hidup, melalui tata kelola sekolah yang baik. Di bidang budaya, menfasilitasi upaya pelestarian kesenian daerah melalui pelatihan musik angklung.

Selain itu, AHM juga memberikan bantuan peralatan pemeliharaan lingkungan seperti alat pencacah sampah, serta komposter yang berfungsi membuat kompos atau pupuk organik. Untuk mendukung kesehatan lingkungan, disediakan alat fogging dan bantuan pelestarian seni budaya berupa peralatan angklung. Nantinya semua perlengkapan ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah.

Astra Honda Motor Deputy Head of Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, memasang helm kepada siswa SMA Negeri 80 Jakarta Utara, Rabu (7/5/2014). AHM memberikan pelatihan perilaku santun serta pengetahuan keselamatan berkendara di Sekolah Satu Hati.

“Generasi muda merupakan aset sekaligus penentu masa depan bangsa. Kami berharap Program Sekolah Satu Hati ini dapat mendukung terciptanya generasi muda yang peduli terhadap berbagai aspek kehidupan, mulai dari lingkungan, seni budaya, hingga kami dorong mereka agar mampu menginspirasi masyarakat melakukan perubahan sosial ke arah yang lebih baik,” ujar Deputy Head of Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin.

Selain SMA Negeri 80, AHM juga akan menjalankan Sekolah Satu Hati di 15 sekolah lainnya. Untuk Jakarta Utara di SDN Sunter Agung 13, SMP Hang Tuah 1, SMP Hang Tuah 3, SMP Giki 2, SMAN 18, SMAN 40, SMAN 72, SMAN 75, SMAN 110, SMA Giki 2, dan SMK Kencana. Tidak hanya di Jakarta, di Bekasi akan terlaksana di SMK Mitra Industri Cikarang, di SMP 4 Singingi (kabupaten Kuatan Singingi, Riau), dan SMP 4 Mandau (kabupaten Bengkalis, Riau).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com