Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Honda-GM Agar Harga Mobil "Fuel Cell" Makin Terjangkau

Kompas.com - 06/01/2014, 09:51 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber autoguide
Tokyo, KompasOtomotif — Honda Motor Co. dan General Motors Co. berkolaborasi mengembangkan sel bahan bakar (fuel-cell) dengan target menurunkan biaya produksi dan kapasitas produksi yang lebih banyak.  

Kerja sama tersebut membuat komponen sel bahan bakar untuk menghasilkan listrik dari reaksi kimia hidrogen dengan oksigen. Tidak seperti mobil dengan mesin bensin atau diesel, sel bahan bakar punya komponen yang lebih banyak. Dengan cara produksi seperti sekarang, harga mobil sel bahan bakar bisa mencapai Rp 1 miliar per unit. Dengan menekan membuatnya lebih massal, harganya tentu saja bisa ditekan sehingga hara mobil makin terjangkau.

Aliansi bisnis produsen Jepang-Amerika ini sudah dibentuk sejak Juli 2013 lalu dengan target, generasi terbaru mobil ramah lingkungan pada 2020.  

Hampir sebagian besar produsen besar Jepang, AS dan Eropa membentuk kesepakatan kerja sama. Selain Honda-GM, produsen lain yang telah melakukan kolaborasi adalah Toyota Motor Corp. dengan BMW AG, Nissan Motor Co. dengan Daimler AG dan Ford Motor Co.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com