Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Baic Indonesia Hanya Bawa BJ80 dengan Setir Kiri

Kompas.com - 28/10/2024, 20:31 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com — PT JIO Distribusi Indonesia baru saja menggelar perkenalan eksklusif kendaraan off-road premium Baic BJ80 yang hadir dengan konfigurasi setir kiri.

Meski tidak dapat langsung dipasarkan di Indonesia karena terbentur regulasi, kehadiran mobil ini dimaksudkan sebagai langkah awal untuk mengukur potensi pasar kendaraan off-road premium di Tanah Air.

Dhani Yahya, COO PT JIO Distribusi Indonesia, mengungkapkan bahwa Baic BJ80 yang ditampilkan adalah versi setir kiri yang belum memenuhi aturan kendaraan Indonesia.

Baca juga: PO Bintang Utara Luncurkan Bus Baru Pakai Sasis Tronton

"Jadi kita tidak bisa menjual setir kiri, karena tidak comply dengan regulasi di Indonesia," kata Dhani di Alam Sutera, Tangerang, Senin (28/10/2024).

Menurut Dhani, kehadiran kendaraan BAIC BJ80 Left Hand Drive dalam acara ini bertujuan sebagai riset untuk mengukur respon masyarakat.

Hal ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada BAIC International mengenai kebutuhan untuk segera merealisasikan versi setir kanan atau Right Hand Drive BJ80 untuk pasar Indonesia.

Raung Kemudi Baic BJ80.ilhamkarim/kompas.com Raung Kemudi Baic BJ80.

BJ80 sendiri mengusung mesin V6 3.000 cc twin-turbo yang mampu menghasilkan tenaga 241 tk dan torsi puncak 420 Nm, memberikan performa solid untuk berbagai kondisi jalan.

Kendaraan ini juga dilengkapi fitur berkendara yang canggih, seperti mode Eco, Comfort, dan Sport, serta interior premium yang menggabungkan kenyamanan dengan aksen kayu dan kulit nappa.

Baca juga: Video Mobil Modifikasi Lampu Rem, Bikin Kesal Pengguna Jalan Lain

Dengan desain boxy dan karakteristik off-road yang tangguh, BJ80 dirancang sebagai kendaraan serbaguna untuk medan berat maupun jalanan kota.

Bila versi setir kanan benar-benar diproduksi, BJ80 berpotensi menjadi pilihan menarik bagi pecinta kendaraan 4x4 premium di Indonesia yang menginginkan performa dan kemewahan dalam satu paket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau