Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Sensasi Fitur YECVT di Yamaha Nmax Turbo

Kompas.com - 28/10/2024, 09:31 WIB
Aditya Maulana

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengajak sejumlah awak media untuk turing di Bandung, Jawa Barat, pada Kamis-Jumat (24-25 Oktober 2024). Rutenya bukan di dalam kota, melainkan ke daerah kota menuju ke Pangalengan hingga ke Ciwidey atau total perjalanan sekitar 140 km.

Tujuan dari turing ini tidak lain adalah untuk merasakan sensasi sejumlah fitur yang disematkan pada Yamaha Nmax Turbo. Salah satunya, teknologi YECVT (Yamaha Electronic Continous Variable Transmission) yang memiliki dua fitur unggulan.

Fitur pertama adalah Riding Mode dengan dua pilihan berkendara, yaitu T-Mode dan juga S-Mode. Lalu fitur yang kedua adalah Y-Shift, yang mampu membantu pengendara mendapatkan akselerasi ataupun deselerasi secara lebih cepat dalam 3 tingkatan (1-low, 2-medium, 3-high).

Baca juga: Yamaha MT-07 Model Baru Meluncur, Ada Varian Tanpa Tuas Kopling

Rute Bandung kota ke Pangalengan dan juga Ciwidey memang paling cocok menggunakan fitur tersebut. Sebab, di jalan menanjak dan turunan bisa dibantu dengan fitur Y-Shift.

Turing Yamaha Nmax Turbo di Bandungdok.YIMM Turing Yamaha Nmax Turbo di Bandung

 

Contoh jika butuh akselersi cepat, semisal untuk menyalip kendaraan di depan atau keluar tikungan, cukup buka gas secara cepat maka terasa dorongan instan motor.

Ada cara lain, “Dari posisi passing acceleration, bisa tutup gas lalu tekan shift 1-3 kali sesuai kebutuhan,” tutur Arief Muthia, Trainer Safety Riding Yamaha Riding Academy (YRA).

Sementara untuk fitur riding yang terdiri dari T-Mode dan S-Mode dapat dioperasikan dengan menekan tombol Mode yang terletak pada bagian depan stang kemudi kiri.

Turing Yamaha Nmax Turbo di Bandungdok.YIMM Turing Yamaha Nmax Turbo di Bandung

T-Mode sendiri memiliki karakter berkendara yang lebih smooth, sementara S-Mode membuat feeling akselerasi berkendara menjadi lebih agresif. Adapun ketika pengguna memindahkan mode dari T ke S saat sedang berkendara konstan, maka rpm motor akan naik 500-1.000 rpm.

Sedangkan tombol Y-Shift dapat digunakan oleh pengendara untuk melakukan akselerasi ataupun deselerasi secara lebih cepat, dengan menekan tombol Shift yang terletak pada bagian bawah setang kemudi kiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau