Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Kepraktisan Honda Stylo 160 Vs Yamaha Grand Filano

Kompas.com - 24/10/2024, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Skutik menjadi motor yang bisa digunakan harian karena kepraktisannya. Buat di rentang harga Rp 27 juta sampai Rp 28 juta, tersedia Honda Stylo 160 dan Yamaha Grand Filano yang bisa jadi pilihan motor bergaya skuter klasik.

Kompas.com membandingkan kepraktisan dari kedua motor tersebut. Bisa dilihat dari harganya yang beda tipis, mana skutik yang paling praktis buat dipakai harian?

Baca juga: Adu Fitur Honda Stylo Lawan Yamaha Grand Filano


Pertama buat Stylo 160, pada bagian bodi depan tersedia beberapa laci buat menyimpan barang. Satu di sebelah kiri yang cukup dalam dan satu lagi di kanan, tepat di bawah kenop smart key, serta ada gantungan di tengah.

Test ride Honda Stylo 160 CBSKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test ride Honda Stylo 160 CBS

Lalu di bawah, ada tempat penyimpanan dengan penutup yang di dalamnya ada colokan USB buat mengecas telepon genggam. Memang jadinya ketika sedang mengecas HP, bisa lebih aman, terhindar dari risiko terjatuh atau diambil orang.

Yamaha Grand FilanoKOMPAS.com/FATHAN Yamaha Grand Filano

Sedangkan buat Grand Filano, di bagian bodi cuma ada satu tempat penyimpanan terbuka yang ada di bawah kenop smart key. Buat sisi kiri tidak ada laci karena dijadikan mulut tangki BBM yang posisinya ada di dek.

Lalu tersedia juga colokan power (power outlet) di atas kenop smart key. Cuma kalau mau mengecas telepon pintar, harus pakai adaptor dulu, dan HP bisa disimpan di laci yang ada di bawahnya.

Serta ada gantungan di bagian tengah bodi Grand Filano. Model gantungannya dengan penutup per, jadi lebih aman dibanding Stylo 160 yang cuma berupa kaitan saja.

Baca juga: Ribuan Bikers Jakarta-Tangerang Siap Meriahkan Honda Bikers Day 2024

Honda Stylo 160 CBSKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda Stylo 160 CBS

Bicara kepraktisan, tentu tidak bisa melewatkan bagasi. Buat Stylo 160, kapasitas bagasinya cuma 16,5 liter, beda jauh dengan Grand Filano yang sampai 27 liter, berkat posisi tangki yang ada di dek.

Kapasitas bagasi Stylo 160 terbatas karena posisi tangki yang ada di bawah jok. Cuma memang buat harian masih mumpuni, buat sekadar bawa jas hujan atau barang lain.

Yamaha Grand FilanoKOMPAS.com/FATHAN Yamaha Grand Filano

Sedangkan Grand Filano, bagasi yang sangat lega bisa diisi helm half atau open face dan menyimpan jas hujan serta barang lain. Jadi buat harian, bagasi Grand Filano lebih mumpuni buat bawa barang lebih banyak.

Selain itu, posisi tutup tangki Grand Filano yang ada di bodi memudahkan pengendara saat mau isi BBM. Jadi tidak usah sampai buka jok seperti saat isi bensin di Stylo 160, buka tutupnya pun tinggal tekan tombol di kenop smart key.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau