Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jenis-jenis Busi Motor Berdasarkan Materialnya

Kompas.com - 25/10/2024, 16:21 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Busi merupakan salah satu komponen krusial dalam sistem pengapian yang membantu memaksimalkan pembakaran bahan bakar di dalam mesin sepeda motor.

Jenis busi motor sendiri cukup beragam dan biasanya dibedakan berdasarkan material elektroda yang digunakan.

Pemilihan material ini memengaruhi daya tahan busi serta performa pengapian, yang pada akhirnya berdampak pada efisiensi bahan bakar dan umur mesin.

Menurut Purnomo, pemilik Tamaro Motor di Jakarta Barat, busi dengan material berbeda menawarkan karakteristik yang disesuaikan dengan kebutuhan motor.

Baca juga: Bus DAMRI Lampung-Jakarta Lewat Rute Baru, Tarif mulai Rp 300.000

"Ada busi berbahan nikel, iridium, dan platinum, masing-masing punya keunggulan sendiri. Misalnya, busi berbahan iridium lebih awet karena tahan panas dan korosi, cocok untuk motor yang sering digunakan harian atau menempuh jarak jauh," kata Purnomo kepada Kompas.com, Jumat (25/10/2024).

Busi nikel, lanjut Purnomo, merupakan jenis yang paling umum dan terjangkau, namun masa pakainya relatif lebih pendek dibandingkan jenis lainnya.

"Busi nikel harganya murah, tapi ketahanannya tidak sebaik iridium atau platinum, sehingga perlu sering diganti, terutama jika sering digunakan di kondisi lalu lintas yang padat," kata Purnomo.

Busi motorkompas.com Busi motor

Sementara itu, busi platinum dikenal dengan daya tahannya yang cukup baik, meski tidak sekuat iridium.

"Busi platinum bisa menjadi pilihan tengah karena ketahanannya cukup lama dan harganya tidak semahal iridium. Material ini cocok untuk pengguna motor yang mencari kinerja baik tanpa terlalu sering mengganti busi," ucap Purnomo.

Baca juga: Terbiasa Sepelekan Bahaya Melawan Arus Lalu Lintas

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan dari tiap material busi, pengendara bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi penggunaan motor sehari-hari.

Purnomo menyarankan agar penggantian busi dilakukan secara rutin sesuai dengan rekomendasi pabrikan, demi menjaga performa dan efisiensi mesin motor tetap optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau