Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Perawatan Stylo 160 dan Grand Filano, Mana yang Lebih Murah?

Kompas.com - 24/10/2024, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Biaya perawatan menjadi salah satu pertimbangan saat mau membeli motor.  Buat rentang harga Rp 27 juta sampai Rp 28 jutaan, tersedia dua skutik bergaya retro yang tersedia di pasaran, yakni Honda Stylo 160 dan Yamaha Grand Filano.

Kompas.com membandingkan biaya perawatan kedua motor tersebut untuk pemakaian selama satu tahun. Data servis penguji dapatkan dari pihak Honda dan Yamaha, berikut promo ketika membeli motornya dari baru.

Buat Stylo 160, dari buku manual disarankan buat melakukan servis berkala setiap 4.000 Km sekali. Ketika servis di 1.000 Km pertama, akan dapat gratis jasa servis dan gratis oli mesin di bengkel resmi AHASS.

Baca juga: Adu Fitur Honda Stylo Lawan Yamaha Grand Filano


Sedangkan saat servis di 4.000 Km, 8.000 Km, dan 12.000 Km pemilik motor dapat gratis jasa servis. Jadi konsumen cuma bayar oli saja selama tiga kali dengan harga Rp 69.000, maka totalnya jadi Rp 207.000.

Sedangkan untuk Grand Filano, rekomendasi servisnya berdasarkan bulan, interval tiga bulan sekali. Buat bulan pertama dapat gratis jasa servis dan oli, sedangkan di bulan keempat, ketujuh, dan kesepuluh cuma gratis jasa.

Makanya dalam satu tahun, konsumen cuma bayar oli dengan biaya Rp 50.000 selama tiga kali. Maka dalam setahun cuma bayar Rp 150.000 untuk servis dan ganti oli.

Baca juga: Begini Cara Parkir Mobil Matik yang Benar

Yamaha Grand Filano dan Honda StyloKOMPAS.com/ADITYO Yamaha Grand Filano dan Honda Stylo

Lalu ada juga penggantian busi di bulan ketujuh dengan harga Rp 24.500 dan ganti oli transmisi satu kali dengan harga Rp 19.000. Maka total setahun, biaya servis Grand Filano cuma Rp 193.500.

Kalau dibandingkan, biaya servis Grand Filano dan Stylo 160 beda tipis. Cuma kembali lagi, biaya lain seperti ganti kampas rem atau ban sesuai dengan pemakaian, bisa lebih cepat kalau memang dipakai cukup sering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau