Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OMR Motor Listrik Pertama Jadi Ajang Pembuktian United E-Motor

Kompas.com - 14/10/2024, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Terang Dunia Internusa Tbk, (UNTD), produsen sepeda motor listrik United E-Motor, sukses menggelar road race perdana di Karting Circuit, Sentul, Jawa Barat, Minggu (13/10/2024).

Ajang ini menjadi gelaran balap OMR motor listrik pertama yang dibuat khusus United E-Motor dengan tiga kelas utama yang dipertandingkan, United TX3000, United MX1200, dan Avand SC Series.

Henry Mulyadi, Direktur UNTD mengatakan, balap ini tak sekadar jadi ajang besar dan profesional di mana United jadi brand motor listrik pertama yang menggelarnya, tapi juga menjadi pembuktian untuk deretan produknya.

Baca juga: Jadwal MotoGP Australia 2024, Balapan Digelar Akhir Pekan Ini

"Juga membuktikan bahwa baterai Sealed Lead Acid (SLA) yang digunakan pada tiap tipe United MX1200 dan Avand SC Series juga tangguh dan teruji di lintasan balap," kata Henry dalam keterangan resminya, Senin (14/10/2024).

OMR United MX1200United E-Motor OMR United MX1200

Kompetisi berjalan cukup ketat, pada kelas MX1200, posisi pertama diraih Aan Riswanto asal Bantaeng yang mencatatkan waktu 13:56.446. Kemudian, diikuti Putra Oktario dan Muhammad Iqbal dengan catatan waktu yang cukup tipis, yakni 14:04.384 dan 14:10.971.

Pada kategori TX3000 yang menjadi kelas bergengsi, posisi pertama direbut pebalap senior Muhammad Nurgianto dengan catatan Waktu 12:11.868, disusul Aan Riswanto, dan Tommy Salim di urutan kedua dan ketiga.

Sementara pada kelas Avand SC Series, Muhammad Rivqi Alatas menempati posisi pertama dengan catatan waktu 15:47.844. Aan Riswanto mengikuti di urutan kedua, dan ketiga dipimpim Ahmad Suagi yang juga menjadi juara umum PLN Conversion EV Race 2024 Seri I.

Menariknya, semua unit United E-Motor yang digunakan dalam ajang OMR diklaim tak mengalami perubahan dan modifikasi, terutama pada aspek kelistrikannya.

Baca juga: Cek Pilihan Mobil Matik Baru di Bawah Rp 250 Juta Bulan Ini

Henry mengatakan, hanya beberapa komponen saja yang dikurangi. Hal ini pun bertujuan untuk kelancaran balap.

OMR United TX3000United E-Motor OMR United TX3000

"Semua sesuai dengan standar yang dikeluarkan pabrikan. Motor kita itu engine-nya orisinil, jadi yang dipakai race sesuai spesifikasi yang ada," kata Henry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau