Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Ajak Para Pembatik Cilik Membatik Bersama Pewarta Foto Indonesia

Kompas.com - 06/10/2024, 13:06 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menggelar pertemuan bersama 15 perwakilan dari Komunitas Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFI-J) pada Kamis (3/10/2024). Pertemuan ini turut mengajak para pembatik cilik untuk membatik.

Dengan tema “Inovasi Pendidikan: Peran Media dalam Mendorong Pendidikan Generasi Indonesia Cerdas”, pertemuan diawali oleh sambutan dan pemaparan rencana program Kontribusi Sosial Keberlanjutan Astra Untuk Indonesia Cerdas yang akan dilaksanakan pada tahun 2025.

Pada 2-3 Oktober 2024, YPA-MDR memperingati Hari Batik Nasional dengan menyelenggarakan Pameran Karya Batik di Astra Head Office, Gedung B dan Menara Astra yang mengajak para anggota PFI-J untuk mencanting batik bersama Komunitas Pembatik Cilik binaan dari Yogyakarta.

Baca juga: Pemerintah Tantang Astra Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Komunitas Pembatik Cilik merupakan program pembinaan khusus yang telah dimulai sejak 2021 bagi siswa pilihan lintas sekolah binaan yang sejauh ini terdiri dari 134 siswa, khususnya 99 siswa dari Kecamatan Gedangsari dan 35 siswa dari Kecamatan Pandak dengan minat serta bakat dalam membatik.

Komunitas Pembatik Cilik membatik bersama Pewarta Foto Indonesia JakartaDok. Astra Komunitas Pembatik Cilik membatik bersama Pewarta Foto Indonesia Jakarta

“Tujuan program ini adalah untuk memberikan apresiasi dan sarana bagi siswa dalam berkreasi dan meningkatkan kompetensi serta kepercayaan diri karena kami yakin bahwa prestasi dapat diperoleh melalui bidang non-akademis yang dapat menjadi bekal kecakapan hidup di masa depan,” ujar Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim, dalam keterangan resminya.

YPA-MDR turut senantiasa mendukung peningkatan pendidikan di daerah tertinggal dan strategis melalui pembinaan baik secara akademik maupun non-akademik. Tujuannya untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi para peserta didik.

Untuk diketahui, YPA-MDR turut berkontribusi untuk selalu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah yang tertinggal dan strategis dengan pola pembinaan 4 pilar yang holistik untuk menciptakan generasi Indonesia cerdas yang sesuai dengan standar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Baca juga: Rapor Penjualan Mobil Astra, Merosot di Agustus

Setiap siswa diberikan pembekalan untuk berprestasi dari segi akademik, memiliki kecakapan hidup yang dapat meningkatkan kesejahteraan di wilayahnya, mencintai seni budaya lokal, dan membangun karakter didasari nilai-nilai luhur Indonesia serta dilengkapi sarana baik secara fisik maupun prasarana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau