Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Bilang Tombol Fisik pada Mobil Penting Terkait Keselamatan

Kompas.com - 04/10/2024, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Sekarang ini, banyak produsen yang ingin membuat tampilan dasbor "bersih" dari tombol-tombol. Namun, berbeda dengan Hyundai yang justru mempertahankannya karena dinilai penting untuk keselamatan.

Dasbor yang minim atau bahkan tanpa tombol mungkin terlihat lebih estetik. Konsep desain ini mulai diusung oleh beberapa produsen mobil pada produk terbarunya.

Baca juga: Perjalanan Jakarta-Semarang Tanpa Isi Daya Pakai Hyundai Kona Electric

Tombol pada dasbor dihilangkan dan fungsinya dibebankan semua ke layar head unit. Jadi, penggunanya bisa memanfaatkan layar sentuh tersebut untuk melakukan penyetelan beberapa fitur atau fungsi pada mobil.

Ilustrasi mengemudiKompas.com/Donny Ilustrasi mengemudi

Bonar Pakpahan, Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengatakan, pemilik kendaraan mungkin tidak begitu menyadari bahwa sebenarnya mengemudi itu merupakan suatu aktivitas yang sangat membutuhkan konsentrasi.

"Ketika kita berkendara di jalan tol dengan kecepatan 80 kilometer per jam. Oleh karena satu dan lain hal, misalnya kita ingin menonaktifkan atau mengaktifkan sebuah fitur atau menyetel sebuah fitur di dalam kendaraan, kita kemudian mengalihkan mata kita dari jalan selama beberapa periode tertentu," ujar Bonar, kepada wartawan, pada acara Hyundai Media Drive All New Kona Electric, belum lama ini.

Baca juga: Diduga Hyundai Creta N Line Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan

"Katakanlah, misalnya, 2 detik saja. Selama 2 detik itu, kita tidak melihat jalan sama sekali. Dengan kecepatan 80 kilometer per jam, tanpa kita sadari kita sudah menempuh jarak sejauh 44 meter, di mana dalam 44 meter ini apapun bisa terjadi," kata Bonar.

Tombol fisik pada mobil Hyundai All New Kona ElectricKompas.com/Donny Tombol fisik pada mobil Hyundai All New Kona Electric

Makanya, Bonar menambahkan, meskipun fitur-fitur yang banyak itu bisa dalam kondisi normal diakses melalui graphic user interface atau layar multimedia, tetapi Hyundai juga tetap menghadirkan tombol fisik.

"Ini karena selain kemudahan untuk shortcut, kita juga bisa meminimalkan kemungkinan kita untuk melihat layar display tadi. Dengan meminimalkan kemungkinan atau waktu untuk melihat layar, berarti kita masih tetap, sebagai pengemudi, untuk bisa berkonsentrasi dan fokus kepada aktivitas menyetir," kata Bonar.

Tombol fisik pada mobil Hyundai All New Kona ElectricKompas.com/Donny Tombol fisik pada mobil Hyundai All New Kona Electric

"Nah, di sinilah aspek safety yang kita tekankan. Makanya, physical button atau tombol-tomol fisik masih tetap kita hadirkan di mobil ini," ujarnya.

Tombol-tombol fisik pada All New Kona Electric masih menghiasi bagian dasbor. Selain itu, terdapat juga beberapa tombol lainnya pada konsol tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau