Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Jakarta-Semarang Tanpa Isi Daya Pakai Hyundai Kona Electric

Kompas.com - 03/10/2024, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Pada perjalanan Hyundai Media Drive All New Kona Electric, peserta tes tidak diberi kesempatan untuk mengisi daya. Meski demikian, mobil listrik ini sanggup melewatinya hingga sampai kota tujuan.

Untuk perjalanan ini, para peserta menggunakan All New Kona Electric dengan tipe tertinggi, yakni Signature Long Range. Tipe ini dibekali baterai berkapasitas 66 kWh, yang diklaim memiliki jarak tempuh hingga 549 Km.

Baca juga: Ulasan Lengkap Hyundai Kona Electric, Desain hingga Biaya Kepemilikan

Perjalanan dimulai dari Jakarta pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB. Tercatat indikator baterai ada di angka 99 persen. Dengan kapasitas tersebut, Kona Electric diperkirakan dapat menempuh 468 Km jika menggunakan AC dan 515 Km jika tidak menggunakan AC.

Hyundai All New Kona ElectricDok. Hyundai Hyundai All New Kona Electric

Untuk jarak Jakarta-Semarang, diperkirakan sekitar 450 Km. Namun, untuk mencapai Semarang, ada beberapa ketentuan yang harus diikuti para peserta tes kali ini.

Kecepatan maksimum disarankan hanya 90 kilometer per jam. Jadi, tidak ada yang memacu Kona Electric hingga kecepatan maksimum atau bahkan menyentuh 110 kilometer per jam.

Baca juga: Secanggih Apa Hyundai Kona Electric [Video]

Kemudian, mode berkendara yang digunakan adalah Eco. Selain itu, pengereman regeneratifnya juga disetel Auto. Para peserta tes juga tidak disarankan untuk melakukan akselerasi mendadak, karena akan menyerap daya yang besar dari baterai.

Hyundai All New Kona ElectricDok. Hyundai Hyundai All New Kona Electric

Terakhir, temperatur AC disetel pada 17 derajat Celcius. Kecepatan kipasnya juga hanya satu bar atau level 1.

Satu mobil diisi oleh tiga orang dengan bobot maksimal mencapai sekitar 250 Kg. Ketiganya mengemudi secara bergantian, sehingga gaya berkendara yang digunakan juga berbeda-beda.

Indikator baterai Hyundai All New Kona Electric saat memulai perjalanan dari Jakarta menuju SemarangKompas.com/Donny Indikator baterai Hyundai All New Kona Electric saat memulai perjalanan dari Jakarta menuju Semarang

Kondisi lalu lintasnya cukup lancar hingga ke Semarang. Tapi, sebelum sampai tujuan, rombongan sempat beristirahat di Rest Area KM 207A di daerah Cirebon, Jawa Barat.

Peristirahatan ini dilakukan setelah melakukan perjalanan selama 3 jam dengan jarak tempuh 196,8 km. Indikator baterai mencatatkan daya yang tersisa tinggal 63 persen. Perkiraan jarak tempuhnya 295 km dengan menggunakan AC dan 329 km jika tidak menggunakan AC.

Baca juga: Simulasi Kredit Hyundai Kona Electric, per Bulan Mulai Rp 8 Jutaan

Indikator baterai Hyundai All New Kona Electric saat beristirahat di Rest Area KM 207A pada perjalanan dari Jakarta menuju SemarangKompas.com/Donny Indikator baterai Hyundai All New Kona Electric saat beristirahat di Rest Area KM 207A pada perjalanan dari Jakarta menuju Semarang

Kemudian, perjalanan dimulai kembali dan sempat juga beristirahat di Rest Area 379A. Setelah beristirahat sejenak, perjalanan dilanjutkan lagi pada sore hari hingga sampai di Semarang pada malam hari.

Total perjalanan mencapai 7 jam dengan jarak tempuh tercatat hanya 412,8 Km. Sementara baterai yang tersisa hanya 15 persen. Pada layar panel instrumen, rata-rata konsumsi daya yang digunakan adalah 7,5 Km/kWh.

Indikator baterai Hyundai All New Kona Electric setelah sampai Semarang setelah melakukan perjalanan dari JakartaKompas.com/Donny Indikator baterai Hyundai All New Kona Electric setelah sampai Semarang setelah melakukan perjalanan dari Jakarta

Soal kenyamanan berkendara, bagi pengemudi maupun penumpang di baris pertama cukup baik. Namun, ada sedikit catatan saat duduk di baris kedua, khususnya pada saat siang hari. Pasalnya, dengan AC yang disetel 17 derajat Celcius dan kipas level 1, aura dingin tidak begitu sampai ke belakang. Selain itu, suspensinya juga dirasa sedikit kaku dan sedikit melelahkan bagi penumpang di baris kedua untuk perjalanan jauh.

Untuk diketahui, Hyundai All New Kona Electric tipe Signature Long Range dibekali motor listrik bertenaga 160 kW dan torsinya 255 Nm. Mobil listrik ini diklaim memiliki kemampuan akselerasi untuk 0-100 kilometer per jam dapat dicapai dalam 7,5 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya tembus 172 kilometer per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau