Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Usulkan Pembekuan Mesin 1.000 cc Mulai Tahun Depan

Kompas.com - 02/10/2024, 19:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang perubahan era ke mesin 850cc pada musim 2027, MotoGP mengusulkan untuk pembekuan spesifikasi mesin 1.000cc bagi semua pabrikan yang berlaga kecuali yang memiliki rating konsesi terendah mulai awal musim depan.

Mengutip Crash.net, rencana ini berarti spesifikasi mesin yang digunakan pada seri pembuka musim 2025 mendatang di Thailand, pada 2 Maret 2025 akan menjadi spesifikasi final untuk musim 2025 dan 2026.

Chief Sporting Officer Dorna, Carlos Ezpeleta, menjelaskan, langkah tersebut ditujukan untuk menghindari keharusan bagi pabrikan untuk terus mengembangkan mesin 1.000 cc serta berinvestasi dalam proyek 850 cc baru.

Baca juga: MGPA Bantah Salah Pakai APAR Saat Padamkan Motor Marquez yang Terbakar

Pertamina Enduro VR46 Racing Team pakai livery spesial pada MotoGP Indonesia 2024Dok. VR46 Pertamina Enduro VR46 Racing Team pakai livery spesial pada MotoGP Indonesia 2024

Meski begitu, pengecualian diberikan kepada pabrikan yang berada di peringkat konsesi terendah yang saat ini ditempati Yamaha dan Honda.

“Seperti yang Anda ketahui, kami membekukan spesifikasi mesin pada GP pertama dan spesifikasi mesin harus tetap (sama) sepanjang tahun untuk pabrikan yang tidak memiliki konsesi (peringkat D),” katanya dikutip Rabu (2/10/2024).

“Ini akan menjadi (konsep) yang sama, tapi pada dasarnya diperpanjang selama dua musim. Jadi untuk 2025 dan 2026," lanjut dia.

Walaupun usulan pembekuan ini sudah diajukan oleh Dorna, Ezpeleta menegaskan bahwa keputusan akhir masih menunggu persetujuan dari para pabrikan yang berpartisipasi di MotoGP.

Pabrikan yang tidak berada di peringkat konsesi terendah seperti Ducati, KTM, dan Aprilia, akan tunduk pada pembekuan mesin ini jika disetujui.

Baca juga: Pedro Acosta Ingin seperti Michael Jordan

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP San Marino 2024Dok. @89jorgemartin Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP San Marino 2024

"Kami pikir ini strategi yang sangat bagus. Ini proposal yang bagus untuk memastikan bahwa produsen dapat fokus pada mesin baru, sepeda motor yang sepenuhnya baru sedang dikembangkan untuk tahun 2027. Kami berharap ini akan segera disetujui," tutup dia.

Sembari menunggu keputusan tersebut, Yamaha baru-baru ini mengonfirmasi bahwa mereka telah memulai program mesin V4, di samping mesin Inline4 1.000 cc guna mempersiapkan era 850cc di musim 2027.

Adapun usulan pembekuan mesin bukanlah hal baru di MotoGP. Keputusan serupa sebelumnya diambil pada 2020 dan 2021 sebagai respons dampak pandemi Covid-19 yang memaksa pembatasan anggaran dan pengembangan di seluruh tim balap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau