Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menentukan Mobil Bekas Layak Beli atau Tidak dengan Melihat Mesin

Kompas.com - 27/09/2024, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil modern sudah dibekali mesin injeksi berbasis komputer. Sehingga, emisinya jauh lebih rendah dibandingkan dengan mesin karburasi.

Maka dari itu, mobil modern dibekali banyak kabel dan perangkat elektronik di area mesin, sebagai penunjang sistem kendaraan.

Perangkat tersebut wajib menjadi perhatian ketika hendak membeli mobil bekas, pastikan kondisinya masih bagus.

Baca juga: Ganti Oli Mesin Mobil, Baiknya Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh


Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan, mobil bekas dengan usia lebih dari 10 tahun umumnya sudah mengalami penurunan kualitas bahan di area mesin.

“Seperti karet-karet, selang, kabel dan semua komponen dengan bahan yang memiliki elastisitas tertentu, akan mengalami pengerasan karena usia pemakaian dan panas mesin,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Kamis (26/9/2024).

Hardi mengatakan komponen tersebut rawan pecah bila dibongkar pasang, sehingga ada risiko membeli mobil dengan kondisi tersebut.

Baca juga: Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Habis, padahal Tak Ada Kebocoran

Ilustrasi komponen mesin mobil.Suzuki Ilustrasi komponen mesin mobil.

“Pasalnya ada banyak komponen terbuat dari karet, seperti selang AC, saluran udara pada mesin, bila mereka getar bakal rawan bocor dan rusak, terlebih lagi bila dibongkar pasang saat proses perawatan,” ucap Hardi.

Selain itu, menurut Hardi, kabel-kabel dan soket pada perangkat kelistrikan mobil tua, umumnya sudah getas sehingga akan mudah patah ketika dibongkar pasang.

“Seperti soket-soket, cara melepasnya kan memang harus ditekan pada bagian penguncinya, tapi bila sudah getas pengunci ini akan patah ketika ditekan, bisa diganti sih, tapi jumlah soket di area mesin ada banyak,” ucap Hardi.

Baca juga: Perlukah Ganti Filter Oli Setiap Kali Ganti Oli Mesin Mobil?

Mesin mobil merupakan komponen utama dalam pengecekan mobil tua.Auto2000 Mesin mobil merupakan komponen utama dalam pengecekan mobil tua.

Hardi mengatakan, kualitas komponen dari bahan karet di area ruang mesin, bisa menjadi patokan apakah mobil tersebut sudah lelah atau masih segar. Sehingga, bisa menjadi bahan pertimbangan saat hendak memilihnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau