Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Listrik Baru Toyota Siap Meluncur Maret 2025

Kompas.com - 26/09/2024, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota bakal meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) listrik pada Maret 2025. Mobil ini merupakan versi produksi dari Urban SUV concept yang diperkenalkan Toyota pada Toyota’s Kenshiki forum di Brussels 2023 lalu.

Dikutip dari Gaadiwaadi, Rabu (25/9/2024), SUV listrik dari Toyota ini akan menggunakan basis dari Suzuki eVX. Seperti diketahui, Toyota dan Suzuki memang sudah beberapa kali menjalin kerja sama dalam produknya yang diluncurkan di India.

Kedua kendaraan ini akan menggunakan platform skateboard 27PL, yang merupakan arsitektur khusus mobil listrik, diproduksi secara lokal di fasilitas Suzuki di Gujarat.

Baca juga: Kia Sonet Facelift Meluncur, Harga mulai Rp 349 Juta

Secara tampilan, mobil ini memiliki bahasa desain yang sama dengan electric vehicle (EV) Toyota lainnya, yakni hammerhead (kepala hiu martil). Dibekali dengan permukaan yang tegas dan menggunakan lampu LED daytime running berbentuk C di bagian depan, serta bumper depan yang terlihat minimalis.

Suzuki eVX di ajang GIIAS 2024Dok. SIS Suzuki eVX di ajang GIIAS 2024

Bagian belakang juga terlihat sangat mirip dengan eVX, pintu dan bagian jendela juga tampak familiar. Uniknya, gagang pintu belakang ditempatkan di pilar C, mirip seperti Toyota C-HR.

Meskipun informasi mengenai interior Urban SUV masih dirahasiakan, namun tampaknya tak akan berbeda jauh dengan eVX Suzuki. Sebab, metode ini memungkinkan proses produksi yang lebih efisien, sehingga harga jual yang ditawarkan kepada konsumen menjadi lebih murah.

Baca juga: Marc Marquez Mulai Konsisten Naik Podium

Urban SUV kemungkinan akan menawarkan dua pilihan baterai yang sama seperti eVX. Pertama baterai berkapasitas 60 kWh yang bisa memberikan jarak tempuh hingga 550 kilometer, sementara varian entry-level dengan kapasitas baterai yang lebih kecil 48 kWh, menawarkan jangkauan sekitar 400 kilometer.

Toyota juga mengisyaratkan akan menawarkan konfigurasi penggerak roda depan (FWD) dan penggerak semua roda (AWD) motor ganda untuk Urban SUV di pasar tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau