Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekian Hasil Tes Akselerasi MPV Listrik BYD M6

Kompas.com - 25/09/2024, 09:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi Kompas.com mendapatkan kesempatan kencan selama beberapa hari bersama BYD M6. Mobil multi purpose vehicle (MPV) listrik pertama yang dijual di Indonesia.

BYD M6 yang Kompas.com jajal ialah tipe tertinggi, yaitu Superior Captain Seat. Spesifikasinya dibekali baterai berkapasitas 71.8 kWh yang mampu menghasilkan jarak tempuh 530 km. Adapun bauran tenaga 150 kW dengan torsi 310 Nm.

Baca juga: Pakai Ban Cadangan Space Saver Tidak Harus Dipasang di Roda Belakang

Sebelumnya Kompas.com sudah menjabarkan mengenai desain eksterior, interior, fitur, dan rasa berkendara, maka kali ini akan membahas performa.

Test drive BYD M6Foto: KOMPAS.com/Adityo Test drive BYD M6

Pengetesan dilakukan dari segi akselerasi 0-100 kpj, di tempat yang aman. Hasilnya tercatat lewat alat pengukur Racelogic yang berbasis GPS.

Saat tes dilakukan terdapat tiga orang di dalam mobil. Pengemudi berbobot 74 Kg dan dua penumpang dengan bobot 80 Kg dan 45 Kg.

Baca juga: Alasan Kenapa Mobil Tua Lebih Rawan Terbakar

Tes dilakukan menggunakan dua mode yaitu standar dan sport. Kompas.com tidak menguji mode Eco karena bertentangan dengan tujuan awalnya, yaitu irit-iritan.

Test drive BYD M6Foto: KOMPAS.com/Adityo Test drive BYD M6

Baca juga: Jangan Asal Pasang, Begini Plus Minus Modifikasi Mangkuk CVT

Hasilnya saat tes mode standar 0-60 kpj sebesar 4,3 detik dan 0-100 kpj dapat ditempuh dalam waktu 8,5 detik. Catatan yang cukup cepat bila dibandingkan mobil bensin seperti Mitsubishi XForce yaitu 14,3 detik.

Kemudian saat pakai mode sport, di awal-awal start terjadi spin atau ban berputar di tempat sehingga sedikit menghabiskan waktu.

Catatan Kompas.com, saat mencoba pakai mode sport karena ban selip 0-60 kpj sebesar 4,5 detik, adapun 0-100 kpj jadi melorot yaitu 8,8 detik.

Karena masih penasaran, Kompas.com kembali mengetes menggunakan mode sport. Namun, meski diulang, hasilnya tetap sama seperti mode standar, yaitu 0-100 kpj membutuhkan waktu 8,5 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau