Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Hybrid Wajib Jalan Dua Minggu Sekali demi Kesehatan Baterai

Kompas.com - 25/09/2024, 10:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi pemilik mobil hybrid, menjaga kesehatan baterai adalah hal penting yang tak boleh diabaikan. Meskipun mobil tidak digunakan setiap hari, disarankan untuk menjalankan mobil hybrid setidaknya dua minggu sekali agar baterainya tetap dalam kondisi optimal.

Menurut Rene Eduard Narayana, tim After Sales MG, menjalankan mobil secara berkala sangat penting untuk menjaga performa baterai.

"Mobil hybrid, terutama bagian baterainya, perlu dijalankan secara rutin. Jika terlalu lama tidak digunakan, baterai bisa mengalami penurunan performa," kata Edo kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Pakai Ban Cadangan Space Saver Tidak Harus Dipasang di Roda Belakang 

Baterai mobil hybrid cenderung lebih sensitif dibandingkan komponen lainnya. Jika mobil jarang digunakan, kapasitas baterai bisa menurun secara perlahan, dan hal ini akan berdampak pada efisiensi kendaraan serta meningkatkan biaya perawatan.

Edo juga menambahkan, sebaiknya jangan biarkan kapasitas baterai kosong sepenuhnya ketika mobil tidak digunakan. Beberapa pabrikan bahkan memberikan batasan minimal yang harus dijaga ketika mobil akan diparkir dalam waktu yang lama.

"Jika mobil akan ditinggalkan dalam jangka waktu yang lama, seperti saat liburan atau tidak digunakan dalam beberapa minggu, ada baiknya berkonsultasi dengan dealer resmi untuk langkah-langkah perawatan yang tepat," ucap Edo.

Mobil hybrid MG VS HEVDok. MG Mobil hybrid MG VS HEV

Pemeriksaan berkala di bengkel resmi juga sangat penting untuk memastikan kondisi baterai tetap baik. Bengkel resmi biasanya memiliki peralatan khusus untuk memeriksa dan merawat baterai hybrid agar kinerjanya tetap maksimal.

"Tidak disarankan membiarkan mobil idle terlalu lama, karena ini dapat membebani baterai dan mempercepat penurunan performa," ucap dia.

Baca juga: Urgensi Pengembangan Bioetanol pada Sektor Transportasi di Indonesia

Dengan melakukan perawatan rutin dan mengikuti anjuran pabrikan, pemilik mobil hybrid bisa menjaga kesehatan baterai serta memperpanjang usia komponen tersebut. Perawatan yang tepat juga membantu mencegah kerusakan besar dan biaya penggantian baterai yang tidak murah.

"Merawat mobil hybrid memang butuh perhatian lebih, tapi dengan langkah yang tepat, performa kendaraan akan tetap optimal dan efisiensi bahan bakar bisa terjaga," kata Rene.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau