Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Interior MPV Listrik BYD M6, Pertahankan Sentuhan Fisik

Kompas.com - 24/09/2024, 07:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBYD M6 hadir melengkapi tiga model sebelumnya BYD Dolphin, Atto3 dan Seal. Saat ini BYD M6 merupakan electric multi purpose (EMPV) pertama yang dijual di Indonesia.

Sebelumnya Kompas.com sudah menjabarkan mengenai desain BYD M6, maka kini akan mengulas kabin. Sebab interior merupakan faktor penting saat benkendara, interior yang nyaman membuat pengemudi dan penumpang jadi betah.

Baca juga: Angkat Tema Kemanusian, Wuling Jakarta Raya Peringati HUT ke-6

Kabin M6 dapat disebut berkesan elegan. Poin plus ialah BYD tidak meninggalkan tombol fisik dengan menggantikan semuanya di layar infotainment. BYD u

Test drive BYD M6Foto: KOMPAS.com/Adityo Test drive BYD M6

Pada speedometer contohnya, penunjuk kecepatan pakai jarum analog. Kemudian tempat yang biasanya diisi oleh Rpm diganti menjadi Kw atau besaran daya tapi dengan gaya atau desain ala Rpm.

Baru kemudian pada bagian tengah klaster instrumen terdapat layar MID yang menampilkan berbagai informasi mulai dari jarak tempuh, sisa baterai, penunjuk auto hold dan semacamnya.

Tampilan “konvensional” ini membuat M6 sebagai mobil listrik yang mudah diterima oleh generasi milenial atau boomer, dan kalau dipikir sebetulnya masuk akal, sebab MPV ialah mobil keluarga dan generasi milenial adalah sasaran yang tepat.

Baca juga: Cara Komunitas Motor Honda Meriahkan Hari Pelanggan Nasional

Pada bagian tengah dashboard terdapat layar lebar 12,8 inci yang bisa berotasi. Layar ini menampilkan semua seluk beluk dan fitur mobil. Dapat dikatakan layar yang dapat beputar ini merupakan on point BYD.

Test drive BYD M6Foto: KOMPAS.com/Adityo Test drive BYD M6

M6 juga sudah dilengkapi dengan steering switch, di mana pada tombol kemudi sudah dilengkapi dengan pengaturan volume, mode audio, hingga pengaturan adaptive cruise control (ACC).

Baca juga: Bahas Desain Eksterior BYD Atto 3, Terlihat Tangguh

Detail bagian dashboard juga layak ditelisik. Dashboard tidak polos dan jadi aksen tersendiri. Di bagian arm rest terdapat soft touch meski tidak terlalu banyak.

Kursi dilapis kulit menjadikan bagian dalam mobil berkesan mewah. Kemudian menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang di barisan depan juga sudah dilengkapi dengan ventilated seat.

Sebagai sentuhan akhir BYD M6 memakai panoramic roff. Memang belum dapat dibuka ala panoramic sunroof tapi setidaknya BYD memikirkan nilai tambah yang dapat dirasakan oleh konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau