Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Listrik Volvo Meluncur Semester I 2025

Kompas.com - 19/09/2024, 10:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah meluncurkan truk listrik Volvo FM Electric, pabrikan asal Swedia ini juga bakal memperkenalkan sasis bus listrik dalam waktu dekat.

COO Indotruck Utama selaku diler Volvo Trucks di Indonesia Eka Lovyan mengatakan, sasis bus listrik Volvo akan meluncur di Indonesia tahun depan, tepatnya sekitar setengah semester I 2025.

"Ya tahun depan (bus listrik). Moga-moga di setengah semester pertama," kata Eka di Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Baca juga: Waspada Kopling Terbakar karena Salah Pengoperasian di Tanjakan

Sasis bus listrik Volvo BZR ElectricVOLVOBUSES Sasis bus listrik Volvo BZR Electric

Eka mengatakan, seharusnya sasis bus listrik duluan yang diperkenalkan sebelum FM Electric. Cuma melihat di global, Volvo baru meluncurkan varian sasis dengan tinggi normal atau standard deck.

"Kita putuskan akan masukkan itu (standard deck). Belum lama yang normal heigh (standard deck) sudah diluncurkan. Yasudah kita tunggu biar nanti tahun depan kita masukkan," kata Eka.

Sebenarnya ada dua varian sasis bus listrik, low deck dan standard deck. Cuma keputusannya nanti apa, sedang dipikirkan dan lebih condong buat menjual yang standard deck.

Baca juga: Volvo Bilang Kebal dari Ancaman Truk Bekas Impor China

"Kalau sasis bus standard deck bisa dipakai macam-macam, jadi Transjakarta jalur kanan, bus karyawan, bus pariwisata jarak pendek juga bisa. Karena dia standar, seperti sasis bus biasa," kata Eka.

Jadi nantinya sasis bus listrik Volvo bukan cuma terbatas bodinya, tapi bisa lebih beragam. Menurut Eka, pilihan standard deck lebih memberi efek lingkungan.

"Menurut kami aplikasinya lebih luas dan efeknya bagi lingkungan lebih banyak. Mengedukasi market kalau bus listrik itu bukan hal yang istimewa (bisa berbagai aplikasi)," kata Eka.

Mari ditunggu saja kapan sasis bus listrik dari Volvo ini meluncur. Serta menarik rasanya melihat kreasi karoseri pembuat bodi bus nantinya untuk bus listrik Volvo mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau