Kompas.com - 25/10/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota bZ3 menjadi mobil listrik berbasis baterai alias battery electric vehicle (BEV) kedua yang rilis Toyota setelah bZ4X. Sedan listrik itu akhirnya meluncur secara resmi di China, Senin (24/10/2022).

Dikutip dari Motor1, bZ3 menjadi produk kolaborasi antara BYD dengan FAW Toyota. Secara desain, memang bisa dilihat sedikit mirip dengan bZ4X yang disebut dengan kepala hiu martil dan memang jadi bahasa desain produk bZ lainnya.

Desain bZ3 terllihat modern dengan garis atap melandai. Toyota mengklaim menciptakan desain aerodinamis membuat bZ3 punya drag coefficient ratio 0,218.

Baca juga: Toyota Gazoo Raih Gelar Juara Nasional di 4 Kejurnas Slalom 2022

Kabin Toyota bZ3MOTOR1.COM Kabin Toyota bZ3

Pada kabin, suasananya terasa minimalis. Toyota menyebutnya sebagai layout 'Digital Island'. Bisa dilihat di bagian tengah ada layar infotainment yang berbentuk vertikal dengan ukuran lumayan besar. Seperti tablet kelas menengah ke atas.

Untuk instrument cluster pengemudi bentuknya horizontal dan terlihat pipih. Tampilan interiornya semakin canggih ketika melihat bentuk setirnya yang segi empat. Sama seperti bZ4X.

Kabarnya, bZ3 akan punya daya jelajah sampai 600 Km. BYD akan jadi penyedia baterai lithium iron phosphate. Memang belum diberi tahu berapa ukuran baterainya, tapi BYD klaim kekuatan baterai turun menjadi 90 persen setelah digunakan 10 tahun.

Baca juga: Ternyata Ini yang Didiskusikan Ducati Saat Bagnaia Lawan Bastianini


Kalau soal spesifikasi tenaganya berdasarkan data di perindustrian China, bZ3 akan punya pilihan motor listrik bertenaga 178 TK dan 238 TK. Untuk kecepatan puncaknya dibatasi sampai 160 kpj saja.

bZ3 akan diproduksi oleh FAW Toyota di China dan kabarnya bZ3 juga akan diluncurkan di Eropa pada awal 2024. Selain bZ3, sesuai rencananya Toyota, akan hadir enam produk yang juga memakai basis e-TNGA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.