Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zeekr Cuma Butuh 2,5 Tahun Bikin Mobil dari Sketsa sampai Siap Jual

Kompas.com - 10/09/2024, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

SHANGHAI, KOMPAS.com – Proses pembuatan mobil memerlukan waktu yang relatif panjang. Pertama yang dilakukan ialah menggambar sketsa desain dan kemudian berlanjut sampai tahap produksi.

Saat ini dengan tuntunan perkembangan di industri otomotif global yang cepat berubah, maka para produsen mobil juga terus berusaha mempercepat proses-proses tersebut.

Baca juga: Produsen Apparel Ini Ajak Kumpul Ratusan Konsumen dari Berbagai Kota

Javier Garcia-Gallardo, Head of Zeekr Art Design di Shanghai, China, mengatakan, pihaknya bekerja keras agar proses desain mulai dari sketsa sampai pengiriman ke konsumen bisa dilakukan tak sampai tiga tahun.

Javier Garcia-Gallardo, Head of Zeekr Art Design Shanghai, China.Foto: Zeekr Javier Garcia-Gallardo, Head of Zeekr Art Design Shanghai, China.

“Secara tradisional merek Eropa yang sudah mapan itu butuh 5-6 tahun untuk mengembangkan mobil dari awal (sketsa) sampai produksi dan dikirim ke konsumen,” kata Javier yang ditemui di Shanghai, China, Senin (9/9/2024).

“Untuk (Zeekr) 007 kami cukup cepat yaitu menyelesaikannya dalam waktu 2,5 tahun dari dimulainya proyek sampai produksi,” kata Javier.

Pria yang sebelumnya mengepalai Zeekr Art Design di Swedia itu, mengatakan, kecepatan adalah sesuatu yang diperhatikan karena sesuai dengan filosofi Zeekr.

Baca juga: Daftar Harga Motor Sport 250 cc Bekas September 2024 mulai Rp 17 Jutaan

Zeekr 007Foto: Auto&Design Zeekr 007

“Kami perlu bereaksi dengan perubahan market, jadi normalnya dalam 2,5 tahun, rinciannya 11 bulan untuk desain, kemudian perlu setahun untuk produksi, industrialisasi dan kemudian siap (dikirim),” ujarnya.

Zeekr sendiri saat ini memiliki dua studio desain global. Studio pertama ialah Zeekr Studio Design di Gothenburg, Swedia, dan yang kedua di Shanghai yang baru buka awal 2024.

Secara total Zeekr mempekerjakan sekitar 400 karyawan dengan latar belakang lebih dari 30 negara. Tujuannya agar bisa menghasilkan desain yang bisa diserap masyarakat global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau