Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Paus Fransiskus, Simak Pengalihan Arus Lalu Lintas di Jakarta

Kompas.com - 04/09/2024, 11:38 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedatangan Paus Fransiskus di Jakarta, turut mengunjungi beberapa lokasi. Untuk Rabu (4/9/2024), Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan menyambut Pemimpin Gereja Katolik Dunia di Istana Negara.

Agar situasi dan kondisi lalu lintas tetap kondusif, maka dilakukan berbagai upaya, seperti rekayasa lalu lintas. Khususnya, lalu lintas di sekitar lokasi acara.

Baca juga: Rute Pengalihan Saat Kunjungan Paus Fransiskus ke Gereja Katedral

Dikutip dari unggahan akun media sosial Instagram @tmcpoldametro, Rabu (4/9/2024), para pengendara diimbau untuk menghindari kepadatan lalu lintas di sekitaran Monas dan Lapangan Banteng, mulai pukul 09.00 WIB hingga 20.00 WIB, dikarenakan ada kegiatan tamu negara.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

"Untuk itu, kami imbau jika memang tidak terlalu penting bisa kegiatan itu dihindari atau lakukan work from home secara mandiri," kata Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, beberapa waktu lalu.

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta juga sudah mengumumkan terkait rute pengalihan di sekitar Gereja Katedral. Sebab, hari ini Paus Fransiskus dijadwalkan untuk berkunjung ke Istana Negara dan Gereja Katedral.

Baca juga: Paus Fransiskus Pakai Nopol SCV 1, Ini Daftar TNKB Khusus Lainnya

Berikut ini rute pengalihan saat kunjungan Paus Fransiskus ke Gereja Katedral:
Lalu lintas dari Selatan (Bunderan HI, Tanah Abang, Kebon Sirih, Budi Kemuliaan) menuju Timur (Stasiun Senen) dapat melalui Jalan Thamrin sisi Barat - Jalan Medan Merdeka Barat sisi Barat - Jalan Majapahit - Jalan Juanda - Jalan Pos - Jalan Gunung Sahari - dst.
Lalu lintas dari Timur (Menteng) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat menggunakan Jalan Hos Cokroaminoto - Jalan Wahid Hasyim - Jalan Mas Mansyur - dst.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dinas Perhubungan DKI Jakarta (@dishubdkijakarta)

Selain rekayasa lalu lintas, akan ada penyesuaian operasional Transjakarta di sekitar lokasi tersebut.

Namun, bus akan menyesuaikan dengan peraturan lalu lintas yang berlaku selama kegiatan kunjungan secara kondisional. Bagi pengguna, bisa memantau rute secara berkala melalui aplikasi TJ:Transjakarta

"Operasional Transjakarta pada hari kunjungan Paus Fransiskus tanggal 3-6 September 2024 berlaku normal namun bus Transjakarta agar menyesuaikan pengaturan lalu lintas selama Kegiatan Kunjungan Paus Fransiskus," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangan resminya, belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau