Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Raih Kemenangan Pertamanya di MotoGP Aragon

Kompas.com - 02/09/2024, 08:52 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez akhirnya berhasil meraih kemenangan pertamanya di sprint race MotoGP Aragon 2024. Pada balapan di Sirkuit Aragon tersebut, Marc benar-benar tidak tersaingi.

Dominasi Marc Marquez tercepat saat sesi latihan hingga pole position saat sesi kualifikasi, dilanjutkan dengan meraih kemenangan perdana di Sprint Race. Tentunya, ini membanggakan bagi tim Gresini Racing MotoGP yang didukung penuh oleh Federal Oil.

Baca juga: Gresini Racing Punya Potensi Raih Podium di MotoGP Austria 2024

Para mekanik ahli Gresini Racing telah berusaha agar motor Ducati Desmosedici GP23 makin nyaman dikendarai Marquez bersaudara.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Aragon 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Aragon 2024

Sebagai catatan, saat sesi latihan, Marc meraih rekor tercepat mengelilingi Sirkuit Aragon, yakni 1 menit 45,801 detik. Meski kondisi lintasan masih basah, motor Ducati Desmosedici GP23 masih bisa menorehkan waktu tercepat saat sesi kualifikasi, yakni 1 menit 46,766 detik.

Marc mengatakan, dirinya perlu menikmati momen ini, meskipun ini hanya sprint race, hasil kali ini adalah saatnya untuk dirayakan.

Baca juga: Gresini Racing Raih Hasil Positif di MotoGP Inggris 2024

"Di sirkuit MotorLand Aragon adalah balapan yang sulit dan akan lebih sulit lagi di balapan penuh, terutama dalam hal manajemen ban, tetapi kami harus senang dan makin nyaman atas raihan kali ini," ujar Marc, dalam keterangan resminya.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Aragon 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Aragon 2024

Menurutnya, kemenangan ini meskipun kecil adalah bagian dari kurva pembelajaran yang telah dia lalui.

Sementara Alex Marquez yang start dari posisi kelima, berhasil finis di posisi keempat dan raihan 6 poin. Alex terlihat sangat bersemangat bermain di tanah kelahirannya.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Aragon 2024Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Aragon 2024

“Awalnya tidak mudah. Pertama terkendala kesalahan Francesco Bagnaia, yang bisa saja terjadi, dan kemudian kesalahan saya sendiri yang membuat saya kehilangan kontak dengan para pesaing podium, saat Pedro menjauh,” kata Alex.

“Saya melebar di tikungan ketujuh dan kehilangan lebih dari satu detik. Kecepatannya bagus, tetapi kami perlu meningkatkan feeling terhadap lintasan. Saya pikir kami dapat memainkan peran penting di sepanjang jarak balapan. Saya tidak yakin kami layak naik podium, tetapi kami memiliki apa yang diperlukan untuk finis di 5 besar," ujarnya.

Dengan hasil sprint race ini, Marquez bersaudara memperkuat posisinya pada klasemen sementara. Marc berada di peringkat keempat dengan 204 poin, sedang Alex bertahan di peringkat kesembilan dengan 104 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau