Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saksi Kecelakaan Marquez, Nakagami Sebut Kesalahan pada Honda RCV213V

Kompas.com - 19/06/2023, 14:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada MotoGP Jerman 2023, sejumlah pebalap Honda tidak ikut membalap karena cedera patah tulang. Marc Marquez bahkan batal tampil karena mengalami insiden di sesi pemanasan.

Banyaknya kecelakaan yang dialami pebalap Honda, mengundang tanya dan kritik pada motor balap Honda RCV213V.

Seperti yang dialami Marquez, di mana pebalap itu mengalami highside crash terakhir pada sesi warm up. Padahal saksi mata kecelakaan itu mengaku bahwa sebenarnya Marquez tidak terlalu memaksakan diri.

Baca juga: Penjelasan Pelaku Pelindasan di Cakung Hanya Kena Pasal Lalu Lintas

Pebalap tim LCR Honda Takaaki NakagamiTwitter @takanakagami30 Pebalap tim LCR Honda Takaaki Nakagami

"Jujur saja, aku berada di belakangnya sebelum ia crash. Aku tak melihat ada kesalahan sedikitpun dari caranya berkendara," ujar Takaaki Nakagami, pebalap tim LCR Honda, dikutip dari Crash (19/6/2023).

"Kecepatannya bagus. Dari belakang aku tak melihat ia melakukan sesuatu yang salah," kata dia.

Pebalap Jepang ini sangat kaget saat tiba-tiba motor di depannya kehilangan grip ban belakang, kemudian melempar Marquez ke udara.

Baca juga: Selis Luncurkan Motor Listrik Baru, Kolaborasi dengan Pabrikan Korea Selatan

"Tapi tiba-tiba ia kehilangan grip belakang. Motornya selip, aku melihat highside crash hebat. Aku langsung ketakutan karena aku memakai motor yang sama. Aku merasakan hal sama bahwa tikungan itu sangat tricky buat kami," ucap Nakagami.

Nakagami mengakui RC213V sangat agresif dan punya grip yang sangat lemah sehingga menjadi berbahaya untuk dikendarai. Banyaknya pebalap cedera menjadi bukti bahwa ada yang salah di motor balap ini.

"Sulit dikendalikan, motornya punya cengkeraman ban yang lemah. Kami harus segera menemukan solusi untuk membuat motornya lebih aman. Kuharap semua segera pulih,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com