Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati HUT RI, Ratusan Mini Cooper Konvoi di BSD City

Kompas.com - 17/08/2024, 16:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam cara dilakukan masyarakat untuk memeringati Hari Kemerdekaan RI yang ke-79. Salah satunya adalah dengan konvoi mobil klasik, seperti yang dilakukan Jakarta Morris Club (JMC).

Pada acara kali ini, JMC bekerja sama dengan Sinar Mas Land untuk menggelar acara bertajuk Merdeka Run 2024. Kegiatan ini sukses diikuti oleh ratusan Mini Cooper, baik klasik maupun modern.

Konvoi dimulai pukul 08.00 hingga pukul 11.00, dengan rute dari AEON Mall BSD City melewati ICE BSD, Quantis, Grand Lucky, Eonna, Terravia dan berakhir di Marketing Office BSD City.

Baca juga: Mobil Listrik Mini Cooper Buatan China Siap Meluncur

Acara semakin meriah dengan public showcase yang menampilkan deretan mobil Mini yang telah dihias. Mobil Mini yang dipamerkan terdiri dari beberapa tipe, seperti tipe Mini Rover Cabrio, Mini Clubvan, Mini Moke dan Morris Mini Rover.

Merdeka Run 2024 yang digelar oleh Sinar Mas Land dan Jakarta Morris ClubKompas.com/Donny Merdeka Run 2024 yang digelar oleh Sinar Mas Land dan Jakarta Morris Club

Menariknya, acara ini juga terbuka untuk umum. Sehingga, masyarakat yang berkunjung ke BSD City dapat melihat langsung keunikan deretan Mini Cooper yang penuh dengan ornamen kemerdekaan.

Achun Owen, Ketua JMC, mengatakan, ada 218 mobil yang mengikuti kegiatan ini. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari JMC dan komunitas lainnya, seperti Indonesia Mini Club, Mini Jaksel, ID.Mini, Indonesia Coopreet Registry, dan Plaza Mini.

"Kami dari Jakarta Morris Club bersama dengan klub-klub Mini Cooper di Jabodetabek dan yang di luar klub, berkolaborasi bersama BSD untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 ini," ujar Achun, kepada wartawan, saat ditemui di BSD, Sabtu (17/8/2024).

Baca juga: Tips Pilih Mini Cooper Seken Kondisi Apik

Achun menambahkan, awalnya hanya ditargetkan 100 Mini Cooper yang mengikuti Merdeka Run 2024. Tapi, animonya sangat tinggi dan yang mendaftar pada akhirnya sangat banyak.

Merdeka Run 2024 yang digelar oleh Sinar Mas Land dan Jakarta Morris ClubKompas.com/Donny Merdeka Run 2024 yang digelar oleh Sinar Mas Land dan Jakarta Morris Club

"Mini Cooper yang paling tua di sini dari tahun 1959, itu tergabung dalam Mini Cooper Mk. I. Mini Cooper klasik itu dari tahun 1959 hingga 1999," kata Achun.

"Bentuknya semua sama, hanya mesinnya yang berbeda. Lalu, dari tahun 2000 sampai sekarang itu disebut Mini modern," ujarnya.

Achun menambahkan, pihaknya berharap bisa terus melestarikan Mini Cooper. Menurutnya, sama seperti BSD yang selalu memerhatikan hak-hak lingkungan hidup dan komunitas mobil kuno, seperti Mini Cooper

“Kami memilih BSD City sebagai lokasi Merdeka Run karena kawasan ini menawarkan infrastruktur yang memadai sehingga memungkinkan kami untuk mengadakan acara dengan aman dan nyaman," kata Achun.

Selain itu, lokasi yang strategis dan aksesibilitas yang baik, membuat BSD City menjadi pilihan ideal untuk menarik perhatian anggota komunitas kami yang tersebar di Jabodetabek," ujar Achun.

FX Sidi Widagdo, Vice President BSD Residential Sinar Mas Land, mengatakan, Mini Cooper melambangkan kendaraan yang smart, energic dan modern, sama dengan BSD City yang dibangun sebagai kota modern dengan konsep smart city.

"Melalui Merdeka Run 2024, kami juga mengajak seluruh komunitas yang berpartisipasi untuk melihat lebih dekat BSD City sebagai kawasan yang memadukan area residensial, komersial, dan perkantoran dengan sederet fasilitas unggulan seperti pusat pendidikan, pusat kesehatan, hingga lifestyle center,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau