Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Mobil Listrik Terlaris Juli 2024 | Perawatan CVT Bukan Sekadar Ganti Oli Transmisi | Mengapa Hybrid Ideal Jadi Pembelian Pertama ketimbang Mobil Listrik

Kompas.com - 15/08/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pembaca yang tertarik dengan artikel mobil listrik terlaris Juli 2024. Selain itu, banyak juga yang ingin tahu dengan perawatan CVT yang tidak hanya sekadar mengganti oli transmisi.

Tidak ketinggalan, banyak yang ingin tahu mengapa hybrid ideal jadi pembelian pertama dibandingkan dengan mobil listrik. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini kumpulan artikel otomotif terpopuler pada Rabu (14/8/2024):

1. Mobil Listrik Terlaris Juli 2024, BYD Geser Wuling dan Hyundai

Test drive BYD SealKOMPAS.com/Adityo Test drive BYD Seal

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) dua kali lipat pada Juli 2024.

Kondisi tersebut seiring dengan semakin banyaknya produk mobil ramah lingkungan yang dipasarkan, seperti BYD Seal, BYD Atto 3, BYD Dolphin, Neta V-II, sampai Hyundai Kona Electric.

Baca juga: Mobil Listrik Terlaris Juli 2024, BYD Geser Wuling dan Hyundai

2. Bagnaia Sebut Satu Tim dengan Marquez Bisa Jadi Bencana

Marc Marquez dan Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024Dok. MotoGP Marc Marquez dan Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024

Francesco Bagnaia dan Marc Marquez bakal menjadi rekan satu tim di pabrikan Ducati pada musim 2025. Keduanya merupakan pebalap terkuat yang telah meraih gelar juara dunia MotoGP.

Marquez tercatat sudah mengantongi enam kali juara dunia MotoGP, sementara Bagnaia tercatat sudah dua kali berturut-turut meraih gelar juara dunia MotoGP, yakni pada musim 2022 dan 2023.

Baca juga: Bagnaia Sebut Satu Tim dengan Marquez Bisa Jadi Bencana

3. Perawatan CVT Bukan Sekadar Ganti Oli Transmisi

Ilustrasi tuas transmisi matikHyundai.com Ilustrasi tuas transmisi matik

Komponen mekanis pada mobil, seperti transmisi, harus mendapatkan pelumasan dengan baik. Untuk itu, penting sekali rutin mengganti oli transmisi. Tapi, ternyata tidak hanya itu saja yang perlu dilakukan.

Pada sistem transmisi Continuous Variable Transmission (CVT), digunakan steel belt atau sabuk baja. Komponen ini yang menghubungkan puli satu dengan yang lainnya, sehingga sistem transmisi bisa bekerja secara normal.

Baca juga: Perawatan CVT Bukan Sekadar Ganti Oli Transmisi

4. PO Akas NR Luncurkan Bus Bodi Jetbus 5 Pertama

Bus baru Akas NRInstagram @fainfo_busnew Bus baru Akas NR

Perusahaan Otobus (PO) Akas NR merilis dua unit bus baru, belum lama ini. Kedua bus tersebut dibalut bodi Jetbus 5 SHD Single Glass buatan Karoseri Adiputro.

Keduanya menjadi bus perdana milik PO Akas NR yang menggunakan bodi Jetbus 5. Nantinya kedua kendaraan anyar itu akan diperuntukan sebagai divisi layanan pariwisata.

Baca juga: PO Akas NR Luncurkan Bus Bodi Jetbus 5 Pertama

5. Mengapa Hybrid Ideal Jadi Pembelian Pertama ketimbang Mobil Listrik

Salah satu kendaraan listrik Toyota yang ada di Indonesia, All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV.Dok. Kompas.com/Stanley Ravel Salah satu kendaraan listrik Toyota yang ada di Indonesia, All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV.

Meskipun mobil listrik terus mengalami peningkatan popularitas di Indonesia, pengamat otomotif asal ITB Agus Purwadi menilai bahwa kendaraan listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) belum ideal sebagai pilihan untuk pembelian mobil pertama.

Menurutnya, BEV dan hybrid saat ini cenderung lebih cocok untuk pasar kelas menengah atas, dengan BEV umumnya dipilih sebagai mobil kedua atau tambahan.

Baca juga: Mengapa Hybrid Ideal Jadi Pembelian Pertama ketimbang Mobil Listrik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau