Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Bakal Suplai Motor Listrik buat Yamaha

Kompas.com - 12/08/2024, 15:15 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Honda Motor Co., Ltd dan Yamaha Motor Co., Ltd mengumumkan, keduanya sudah mencapai kesepakatan bahwa Honda akan menyuplai model motor listrik buat Yamaha, khususnya di pasar Jepang.

Berdasarkan keterangan resmi di laman Honda Global, model yang akan disuplai adalah EM1 e: dan Benly e: I kategori Class 1. Artinya model kedua motor cuma memiliki tenaga di bawah 0,6 kW atau sekitar 0,8 TK, setara dengan mesin motor di bawah 50cc.

Sebenarnya diskusi antara kedua pabrikan sudah berlangsung sejak 2016. Hasilnya, di Maret 2018 Honda mulai suplai skuter 50cc ke Yamaha sebagai OEM.

Baca juga: Impresi Rileks Saat Geber Honda All New BeAT Street

Honda EM1 e: meluncur di GIIAS 2023Dok. AHM Honda EM1 e: meluncur di GIIAS 2023

Lalu, pada 2019, Honda dan Yamaha bersama Kawasaki Heavy Industries, Ltd. serta Suzuki Motor Corporation membuat konsorsium baterai motor listrik yang bisa ditukar. Tujuannya untuk memopulerkan motor listrik di Jepang.

Hasilnya, pada Maret 2021, sudah ada kesepakatan buat standarisasi baterai. Jadi motor listrik Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki bisa menggunakan baterai yang sama dan tukar di stasiun yang sama.

Baca juga: Cara Benar Pakai Sabuk Pengaman


Makanya, sekarang Honda dan Yamaha sepakat bahwa Honda akan menyuplai motor listrik kategori Class 1 untuk Yamaha. Baterai yang digunakan tentu Honda Mobile Power Pack e: yang bisa ditukar.

Melalui kolaborasi ini, Honda dan Yamaha akan terus menawarkan lini produk motor listrik yang memenuhi kebutuhan, terutama di kategori Class 1. Apalagi, di Jepang sangat terkenal digunakan untuk pribadi dan niaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau