Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Balita Terkunci di Kabin Saat Ayahnya Hendak Memanaskan Mobil

Kompas.com - 12/08/2024, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memanaskan mobil sebelum digunakan kerap dilakukan oleh pemilik kendaraan guna kinerja pelumas yang ada di ruang mesin menjadi lebih sempurna.

Biasanya pada proses memanaskan mesin mobil, pemilik cenderung meninggalkan kendaraan untuk mengerjakan kegiatan lain.

Namun, ternyata kebiasaan ini justru dapat menimbulkan bahaya, terutama jika di rumah ada anak kecil. Contohnya seperti kejadian yang viral di media sosial dibagikan oleh akun Instagram @Merapi_uncover.

Baca juga: Empat Bus Baru Bintang Zahira, Sleeper Nyaman Garapan New Armada

Pada tayangan itu terlihat sejumlah orang mengelilingi kendaraan yang sedang dalam keadaan terkunci. Terlihat, di kabin terdapat bocah yang memegang kunci mobil sambil berdiri memegang kemudi.

Dijelaskan dalam narasi tersebut bahwa ayahnya sebelumnya hendak memanaskan mobil. Namun, anak itu tiba-tiba masuk ke dalam mobil sambil membawa kunci dan terkunci dari dalam. Sementara kaca mobil tertutup seluruhnya.

Sejumlah orang yang berada di sekitar mobil pun tampak panik, hingga akhirnya memanggil petugas damkar untuk meminta bantuan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Merapi Uncover (@merapi_uncover)

“Pagi tadi, lagi mau manasin mobil, anaknya malah masuk kedalam bawa kunci, trs kepencet kunci, ortunya bingung langsung manggil damkar,” tulis narasi dalam unggahan tersebut.

Belajar dari kejadian ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ada baiknya pemilik mobil untuk selalu menyimpan kunci cadangan di tempat yang mudah dijangkau. Sehingga, bila terjadi kondisi seperti ini, dapat segera ditangani dengan aman.

Sementara jika kondisinya sudah darurat, memecahkan kaca jadi cara yang paling direkomendasikan.

Menurut Sony, pilih kaca yang posisinya paling jauh dari anak tersebut. Lakukanlah sambil mengalihkan perhatian si anak agar tidak membuat kaget.

Baca juga: Isi BBM Tidak Sesuai Spesifikasi Bisa Bikin Mesin Mobil Ngelitik

“Gunakan dengan ketukan sekali pukul supaya tidak menimbulkan trauma terhadap anak tersebut. Pakai benda apa pun yang cukup keras dan ujungnya lancip,” ucap Sony.

Selain itu, pemilik kendaraan sebaiknya membiasakan diri untuk tidak meninggalkan kunci mobil. Pastikan kunci mobil selalu dipegang oleh pengemudi, dan saat mesin mobil dipanaskan pengemudi wajib ada di belakang setir.

Jangan meninggalkan kendaraan dalam keadaan mesin menyala dengan alasan hanya pergi sebentar, sekadar memanaskan mobil atau sebagainya.

Perlu diingat bahwa mesin tersebut punya roda maka ada kemungkinan bergerak dan berbahaya. Terlebih bagi yang memiliki anak kecil, sebab sifat anak kecil adalah memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau