Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips agar Tikus Tidak Mengacak-acak Kabel Motor

Kompas.com - 06/08/2024, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Berbagai masalah pada sepeda motor bisa muncul secara tiba-tiba setelah terparkir di garasi. Logikanya, kerusakan tidak akan terjadi tanpa ada pemicunya.

Rupanya, makhluk hidup di sekitar garasi berpotensi memicu kerusakan, seperti tikus yang kerap mengacak-acak kabel motor.

Akibatnya, beberapa fungsi kelistrikan motor bisa terganggu, seperti lampu-lampu mati, performa mesin menurun, dan mogok.

Baca juga: Memanaskan Mobil Jangan Hanya di Garasi, Harus Dibawa Jalan


Gio, Pemilik Bengkel Giovani Motor Cawas, Klaten, mengatakan agar tikus tidak mengacak-acak rangkaian kelistrikan pada motor, konsumen bisa melakukan beberapa upaya.

“Pertama, pastikan garasi memiliki penerangan cukup, dengan demikian aktivitas tikus tidak akan leluasa apalagi bersarang di sela-sela bodi motor,” ucap Gio kepada Kompas.com, Senin (5/8/2024).

Gio mengatakan, tikus cenderung lebih suka tempat gelap sementara bila ada cahaya tikus akan cenderung lari atau takut terlihat oleh manusia.

Baca juga: Cara Membersihkan Lantai Garasi dengan Mudah

Ilustrasi tikus.Shutterstock/torook Ilustrasi tikus.

Selain cahaya, Gio juga mengatakan penting menjaga kebersihan garasi dan motor agar tikus tidak menjadikannya sebagai sarang.

“Dengan area garasi dan motor yang bersih dan wangi, maka tikus cenderung tidak akan suka, selain itu tikus biasanya kembali ke area yang pernah dihuninya berdasarkan aroma bekas tubuh,” ucap Gio.

Jadi, untuk mencegah tikus mengacak-acak kabel motor diperlukan garasi motor yang bersih, wangi, dan cukup penerangan agar tikus tidak leluasa berada di area tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau