Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Instalasi Kamera Parkir Mobil agar Optimal

Kompas.com - 30/07/2024, 09:42 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Menghubungkan head unit dengan kamera belakang atau kamera parkir dengan tepat tidak hanya meningkatkan kemudahan parkir, tetapi juga keselamatan saat berkendara mundur.

Proses ini melibatkan pemasangan kamera di bagian belakang mobil dan menghubungkannya ke layar head unit di kabin, sehingga pengemudi dapat melihat area di belakang mobil secara real-time.

Langkah-langkah dasar untuk menghubungkan kamera parkir ke head unit meliputi pemasangan kamera di posisi yang tepat, menghubungkan kabel power dan video, serta mengatur pengaturan di head unit agar gambar dari kamera dapat ditampilkan dengan jelas.

Baca juga: Bahas Desain Yamaha NMAX Neo S, Tampilan Mirip Turbo

Sebelum memulai, pastikan semua peralatan yang diperlukan telah dipersiapkan. Selanjutnya, ikuti saran dari produsen head unit dan kamera.

"Saat memasang, semua kabel harus tersambung dengan benar. Salah sedikit saja, seperti kabel video atau power yang salah sambung, bisa membuat kamera tidak berfungsi dengan baik. Kita selalu kasih saran buat memeriksa secara manual instalasi dengan teliti atau meminta bantuan profesional jika perlu," kata Darmawan, penjual head unit ASUKA, kepada Kompas.com, Senin (29/7/2024).

Ilustrasi kamera parkir.Shopee Ilustrasi kamera parkir.

Zulfikar, penjual head unit ASM, menjelaskan pentingnya posisi pemasangan kamera yang tepat agar jangkauan luas dan memudahkan pengemudi parkir dengan presisi.

"Kita mesti memastikan kamera terpasang di posisi optimal agar tampilan di layar head unit bagus. Kamera diletakkan di tengah bumper belakang, atur sudutnya agar cakupannya luas. Jika posisinya tepat, pengemudi bisa mendapatkan pandangan yang lebih jelas dan akurat," katanya.

Baca juga: Federal Oil Dukung Pemberantasan Pelumas Palsu

Pemasangan head unit dengan kamera belakang yang tepat tentu akan memudahkan pengemudi saat membutuhkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau