Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Motor yang Dipakai Jokowi Saat di Jalan Tol IKN

Kompas.com - 29/07/2024, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tampak mengendarai sepeda motor saat meninjau proses pembangunan jalan tol di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pada Minggu (28/7/2024).

Jokowi menggunakan motor berwarna hijau didampingi Basuki Hadimuljono dan sejumlah influencer Tanah Air. Orang nomor satu di Indonesia itu juga terlihat menggunakan jaket riding bertuliskan ‘Nusantara’.

Diketahui motor yang digunakan Jokowi merupakan motor custom dengan gabungan dua gaya yakni cafer racer dan chopper, yang dibangun oleh Katros Garage.

Baca juga: Daihatsu Raih Penghargaan Booth Terfavorit di GIIAS 2024

Motor ini dibangun dengan basis Kawasaki W175 menggunakan ban aspal dan sasis rigid tanpa peredam kejut belakang. Meski demikian, Jokowi tetap terlihat santai saat mengendarai nya melewati jalur offroad.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengendarai sepeda motor di jalan tol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Minggu (28/7/2024).Dokumentasi Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengendarai sepeda motor di jalan tol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Minggu (28/7/2024).

Bahkan, saat kunjungan kerja ke perbatasan RI-Malaysia, Jokowi mengendarai sendiri motor custom miliknya yang bergaya chopper.

Adalah Andi Akbar, builder Katros Garage, yang melakukan penggarapan motor tersebut pada akhir tahun 2018. Menurut mantan freestyler ini, proses rancang bangun memakan waktu selama dua bulan.

Baca juga: GWM Indonesia Tawarkan Aksesori Mode Off-Road untuk GWM Tank

Selain dari sisi model, fokus pengerjaan juga dari sisi ergonomi dan durabilitas yang ikut diperhitungkan menyesuaikan pilihan desain yang dipilih mantan Gubernur Jakarta itu.

Posisi berkendara juga diperhitungkan, bahkan pria yang akrab disapa Atenk tersebut sempat meminta seorang temannya yang memiliki tinggi yang sama dengan Jokowi untuk dijadikan model. Ini dilakukan agar bisa mendapatkan posisi duduk yang pas dan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau