Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Bicara Soal Insentif Mobil Hybrid di Indonesia

Kompas.com - 19/07/2024, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - All New Nissan Serena e-Power secara resmi diluncurkan Nissan di Indonesia pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, Rabu (17/7/2024).

Alih-alih menjual mobil listrik Ariya dan Sakura yang dipamerkan, Nissan justru menjual MPV hybrid dengan teknologi e-Power untuk saat ini.

Benny Suparman, National Sales Manager PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) mengatakan, Nissan termasuk pelopor dalam perkembangan mobil listrik sejak 1948.

Baca juga: Dijual Rp 600 Jutaan, Ini Keunggulan Nissan Serena e-Power


“Kami sudah ada Nissan Leaf sejak 2018, meski sejak 2010 sebenarnya sudah siap dijual, hanya saja pemerintah belum menyiapkan regulasi untuk BPKB dan STNK-nya, sekarang Nissan Leaf sudah masuk pada generasi ke-dua,” ucap Benny kepada Kompas.com, Kamis (18/7/2024).

Benny mengatakan, untuk saat ini Nissan memandang bahwa mobil hybrid lebih pas dengan kondisi infrastruktur di Indonesia, secara khusus teknologi e-Power.

“Harapannya pemerintah memberikan insentif untuk mobil hybrid yang lebih baik lagi, sebagaimana mobil listrik, karena bagaimanapun saat ini mobil hybrid justru lebih pas untuk menekan emisi karbon,” ucap Benny.

Baca juga: Nissan Sambut Positif Tren Elektrifikasi di Tanah Air

Mesin 1.400cc 3 Silinder Hybrid Nissan Serena e-Power Highway Star Mesin 1.400cc 3 Silinder Hybrid Nissan Serena e-Power Highway Star

Benny mengatakan, dengan pemberian insentif maka harga jual mobil hybrid bisa terpangkas sehingga persaingan pasar menjadi lebih kompetitif dalam rangka menghadapi gempuran mobil listrik dari China.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan saat ini pemerintah masih mengupayakan kehadiran insentif PPnBM mobil hybrid. Sehingga transisi menuju era netralitas karbon berjalan optimal.

"Sekarang kita coba hitung, coba diskusikan dengan internal pemerintah. Akan kami usulkan khususnya untuk hybrid kepada Kementerian terkait, dalam hal ini Kementerian Keuangan," ucap dia di ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2024).

Baca juga: Nissan Serena e-POWER Dibanderol Rp 600 Jutaan

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ketua III Gaikindo Jongkie Sugiarto. Pihak asosiasi dikatakan terus berkomunikasi dengan Kemenperin untuk hadirnya insentif mobil hybrid secara berkepanjangan.

"Ada dua insentif (yang diajukan Gaikindo). Tadi ditanyakan soal mobil hybrid, itu bisa berkepanjangan dan seterusnya," kata dia.

"Tetapi yang sangat urgent, kita usulkan juga kepada pemerintah bahwa perlu barang kali dilakukan lagi insentif PPnBM DTP seperti pasca Covid-19 dulu," kata Jongkie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau