Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Naik Cititrans Busline dari Kartasura ke Jakarta

Kompas.com - 19/07/2024, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim redaksi Kompas.com, berkesempatan melakukan perjalanan dari Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah ke Jakarta menggunakan bus Cititrans Busline, Selasa (16/7/2024) jam keberangkatan pagi.

Cara mendapatkan tiketnya cukup mudah, yaitu bisa menggunakan aplikasi Cititrans, sehingga dapat mempermudah penumpang mendapatkan tiket dan memilih tempat duduk sesuai keinginan.

Selain itu, lewat aplikasi tersebut penumpang bisa memilih menu makanan yang akan didapatkan sekali secara gratis. Menu yang dipilih juga bisa diubah atau ditambah sesaat sebelum sampai dengan menghubungi pramugari yang bertugas.

Baca juga: Bus AKAP Cititrans Tambah Dua Trayek Baru


Menggunakan Jetbus 5 Super High Deck buatan Adiputro dengan sasis Hino RM 280, bus dari Blue Bird Group ini memiliki ruang interior luas, tinggi, fitur melimpah, dan sistem keamanan canggih. 

Alhasil konsumen bisa merasakan sensasi eksklusif layaknya naik pesawat ketika duduk di bangku penumpang.

Cititrans Busline menawarkan dua kelas, yakni Suites dan Super Eksekutif yang ada dalam satu bus dengan konfigurasi tempat duduk berbeda.

Bangku penumpang kelas Super Eksekutif konfigurasi 2-2 dengan sandaran kaki cukup luas sehingga penumpang dapat duduk lebih santai.

Baca juga: Bocoran Bus Baru PO Cititrans, Pakai Jetbus 5

Cititrans Busline resmi meluncur, rute Malang dengan harga tiket mulai Rp 375.000
Kompas.com/Fathan Cititrans Busline resmi meluncur, rute Malang dengan harga tiket mulai Rp 375.000

Sementara redaksi kompas.com berkesempatan mencoba layanan kelas Suites dengan konfigurasi 1-1 dengan tingkat privasi lebih baik. Meski tidak dilengkapi tirai memutar layaknya hotel kapsul desain tempat duduk sudah bisa membatasi pandangan dari penumpang lain.

Selain bangkunya nyaman dan empuk, pengaturan posisi duduk bisa dikendalikan lewat tombol sehingga cukup praktis dalam menyesuaikan.

Tersedia juga bantal dan selimut untuk menunjang kenyamanan ketika hendak tidur di dalam kabin. Soal keamanan, Cititrans memasang kamera CCTV di beberapa sudut sehingga bisa dikatakan lebih terawasi.

Baca juga: Keunikan Cititrans Busline, Tukar Pengemudi Bus di Jalan demi Keamanan

Bus baru Cititrans yang melayani rute Jakarta, Bandung, dan MalangKOMPAS.com/FATHAN Bus baru Cititrans yang melayani rute Jakarta, Bandung, dan Malang

Tersedia juga meja lipat yang bisa menahan beban sampai 5 kilogram bisa digunakan untuk menaruh buku, perangkat kerja dan sejenisnya. Saat perjalanan malam, penumpang bisa mengandalkan penerangan lampu baca yang tersedia.

Di depan bangku juga tersedia layar audio video on demand (AVOD) yang bisa dinikmati penumpang untuk memutar video di Youtube, mendengarkan musik dan melakukan pencarian di internet.

Untuk memudahkan penumpang, di bangku tersebut tersedia tombol untuk memanggil trip attendant atau pramugari misal ada keperluan minta WiFi gratis, dibuatkan minuman atau makanan dan mengubah atau menambah makanan sebelum sampai restoran.

Baca juga: Harga Bus Baru Cititrans, Tembus Rp 2 Miliar

Cititrans Busline resmi meluncur, rute Malang dengan harga tiket mulai Rp 375.000Kompas.com/Fathan Cititrans Busline resmi meluncur, rute Malang dengan harga tiket mulai Rp 375.000

Cititrans juga menyediakan banyak makanan ringan dalam tas yang ditujukan kepada setiap penumpang untuk semua kelas, meski nilainya berbeda-beda sesuai kelasnya. Di luar jajanan tersebut, penumpang masih bisa mendapatkan makanan dan minuman gratis seperti kopi, teh, air mineral dan mi instan dalam cup.

Dengan harga tiket Rp 355.000 saat promo, Rp 525.000 saat normal layananan Cititrans bagi saya cukup memuaskan. Hanya saja soal jadwal keberangkatan yang bisa berubah-ubah membuat saya kurang nyaman.

Berdasarkan pengalaman redaksi, keberangkatan bus mulanya pukul 8:30 dari Kartasura lokasi di parkiran Alfamart Kuwiran, namun sekitar pukul 6:20 sudah diberitahu jadwal keberangkatannya maju menjadi pukul 7:30, karena bus dari Yogyakarta hanya mengangkut satu penumpang.

Tentunya kondisi ini cukup merepotkan bagi penumpang yang jarak rumah dengan terminal cukup jauh.

Terlepas dari itu, layanan Cititrans Busline sangat menyenangkan, aman dan nyaman. Selama perjalanan bus selalu masuk di jalan tol sehingga perjalanan hanya membutuhkan waktu 7 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau