Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laksana Bawa Bus Medium Listrik ke GIIAS 2024, Pakai Bodi Nucleus

Kompas.com - 16/07/2024, 06:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

TANGERANG, KOMPAS.com - Karoseri Laksana bakal memperkenalkan lini produk kendaraan listrik berbasis baterai yang baru di GIIAS 2024. Bukan pakai bodi bus besar, kali ini modelnya bus medium Nucleus yang pakai sasis Hyundai.

Unit tersebut sudah disiapkan di ICE BSD saat Kompas.com temui beberapa hari sebelum GIIAS dimulai. Modelnya bisa terlihat sama dengan Nucleus biasa, cuma karena pakai sasis listrik, namanya jadi E-Nucleus.

Kalau diperhatikan detail, perbedaannya paling ada di posisi pintu saja, yang depan dan tengah. Sisanya secara bodi, lebih kurang sama dengan versi yang non listrik berbasis baterai.

Baca juga: Bus Baru Laksana buat GIIAS, Suites Class Mesin Depan

Bus medium listrik E-Nucleus buatan Karoseri Laksana, pakai sasis HyundaiKOMPAS.com/FATHAN Bus medium listrik E-Nucleus buatan Karoseri Laksana, pakai sasis Hyundai

Soal sasis, bus listrik Hyundai yang masuk ke Indonesia dibawa oleh Invi, bagian dari Indika Energy. Kalau melihat ke laman resminya, kemungkinan rangka yang dipakai kemungkinan adalah Hyundai County 8M.

Spesifikasinya, County 8M memakai baterai dengan kapasitas 128 kWh. Satu kali jalan dengan baterai penuh, bus listrik ini bisa menempuh jarak sampai 303 Km.

Baca juga: Jelang GIIAS 2024, MG Bakal Pajang Maxus 9 Lagi


Energi listrik tersebut disalurkan ke motor listrik dengan tenaga 204 TK. Soal bodinya, di laman Invi memang memakai dari Hyundai, cuma sepertinya di Indonesia dijual juga dalam bentuk rangka saja, bodi dibuat oleh Karoseri.

Hadirnya E-Nucleus menjadi debut bus medium listrik dari Hyundai. Sebelumnya di Busworld, Karoseri Laksana juga memamerkan e-Cityline yang pakai rangka bus listrik besar dari Hyundai, Elec City 12M.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau