Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Oli Mesin Motor Uji Kualitas Dengan Jelajah Flores

Kompas.com - 15/07/2024, 19:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motul Indonesia punya cara tersendiri untuk menguji kualitas pelumas mesin motor, yakni dengan touring ke Pulau Flores. Jadi, tidak hanya untuk pengujian, tapi juga mengunjungi destinasi wisata di sana.

PT Motul Indonesia Energy, distributor resmi Motul di Indonesia, menggelar kampanye Motul Explore Indonesia. Tujuannya tak lain adalah untuk mempromosikan destinasi wisata atau tempat-tempat indah lainnya di Indonesia yang cocok dijelajahi dengan menggunakan motor.

Kegiatan ini memilih lokasi Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Flores Trip kali ini bertajuk "Limitless Exploration" yang tujuannya memang mengajak para pencinta motor, khususnya penggemar touring, untuk ikut mencoba mengeksplorasi pulau Flores dan tempat-tempat apa saja yang asik untuk dituju dengan motor kesayangan.

Baca juga: Produsen Pelumas Gelar Touring untuk Promosi Destinasi Wisata

Untuk oli mesin yang diuji, ada dua tipe, yakni pelumas terbaru Motul 5100 dan 7100, yang bulan lalu baru saja diluncurkan. Pelumas terbaru Motul ini dikembangkan untuk motor berperforma tinggi dan tahan di segala medan dan cuaca.

Motul Indonesia menguji pelumas mesin motor dengan touring di Pulau FloresDok. Motul Indonesia Motul Indonesia menguji pelumas mesin motor dengan touring di Pulau Flores

"Motul 7100 dan 5100 dirancang untuk sepeda motor berteknologi tinggi masa kini. Teknologi oli sintetis dengan bahan dasar Ester ini sudah terbukti memberikan output maksimal. Terutama pada motor-motor dengan CC besar ataupun penggunaan yang lebih berat seperti touring jauh di rute dan cuaca ekstrem," kata National Sales Director PT Motul Indonesia Energy Welmart Purba, dalam keterangan resminya.

Perjalanan Explore Flores ini menempuh perjalanan sepanjang kurang lebih 700 km. Kondisi rute yang dilalui juga beragam, dengan melewati ribuan tikungan, begitu pun dengan cuaca yang berubah-ubah, seperti hujan, panas, hingga berkabut.

Dalam pengujian ini, Motul melibatkan beberapa figur publik pecinta motor, yakni Andi Akbar alias Atenx Katros yang mengendarai Benelli yang sudah dimodifikasi, Mario Iroth dengan Honda CRF Rally 250 Adventure, Mblo Rizki yang menggeber Honda CBR600, serta Akang MV dengan tunggangan Kawasaki Ninja ZX-6R.

Baca juga: Begini Cara Membedakan Pelumas Asli dan Palsu

Para pecinta motor ini pun mengakui kualitas dan ketahanan pelumas Motul terbaru yang layak menjadi pilihan terbaik untuk touring jarak jauh. Atenx Katros yang menggunakan varian Motul 5100 merasakan kunggulan dari pelumas tersebut.

Motul Indonesia menguji pelumas mesin motor dengan touring di Pulau FloresDok. Motul Indonesia Motul Indonesia menguji pelumas mesin motor dengan touring di Pulau Flores

Atenx mengatakan, dirinya memuji formulasi baru Motul karena kendala di motor miliknya bisa teratasi dengan penggunaan Motul 5100.

"Walaupun sebelum riding ada kendala karbu bahan bakar kering di motor. Tapi, setelah pakai oli Motul 5100 kondisi motor aman menempuh perjalanan Flores dari Maumere ke Bajo," kata Atenx.

Berbeda dengan Atenx, Mario Iroth yang menunggangi CRF 250 Rally memilih menggunakan Motul 7100 karena menyesuaikan dengan spesifikasi motor. Dia pun terkesan dengan performa pelumas terbaru Motul ini.

Kampanye Motul Explore Indonesia untuk mempromosikan destinasi wisata ataupun tempat-tempat indah di Indonesia yang cocok dijelajahi dengan menggunakan motorDok. Motul Indonesia Kampanye Motul Explore Indonesia untuk mempromosikan destinasi wisata ataupun tempat-tempat indah di Indonesia yang cocok dijelajahi dengan menggunakan motor

"Dengan oli Motul 7100 yang saya gunakan ini, bisa melahap semua tikungan dan tanjakan. Power-nya dapet, cuaca di suhu rendah ataupun tinggi, temperature mesin masih stabil, kopling tidak pernah slip, digeber di RPM tinggi pun kondisi aman," ujar Mario Iroth.

Hal senada juga diungkapkan Akang dan Mblo yang sama-sama menunggangi motor sport. Keduanya menggunakan pelumas 7100 dalam jelajah Flores kali ini. Mereka sepakat formulasi anyar Motul membuat torsi meningkat, perpindahan gigi lebih halus, dan temperatur mesin yang stabil.

"Setelah melakukan perjalanan, baru deh terasa perbedaannya seperti perpindahan gigi lebih halus, mesin lebih adem dan soal performa sangat luar biasa," ujar Akang.

Flores Trip kali ini menyambangi beberapa destinasi indah yang tentunya bisa menjadi rekomendasi sobat Motul jika berencana touring di Flores, NTT. Destinasi yang disambangi antara lain Kebon Wolopaku, Desa Bena, Danau Kelimutu, Pulau Padar, Pink Beach, serta Pulau Komodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau