Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan VinFast Dirikan Pabrik Mobil Listrik di Subang

Kompas.com - 15/07/2024, 18:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SUBANG, KOMPAS.com - Pemilihan lokasi fasilitas pabrik perakitan mobil listrik pertama VinFast di kawasan Asia Tenggara selain Vietnam terbilang unik.

Alih-alih mengikuti produsen otomotif lainnya ke kawasan industri Cikarang dan Karawang, mereka lebih memilih Subang, Jawa Barat.

CEO PT VinFast Automobile Indonesia, Temmy Wiradjaja menjelaskan strategi tidak biasa tersebut dikarenakan perusahaan melihat adanya peluang yang cukup besar di sana. Ketersediaan lahannya pun ideal, yaitu seluas 170 hektar.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6 Ikut Pakai Baterai Lokal Buatan Karawang?

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat meresmikan groundbreaking pabrik mobil listrik VinFast di Subang, Jawa Barat, Senin (15/7/2024).dok.VinFast Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat meresmikan groundbreaking pabrik mobil listrik VinFast di Subang, Jawa Barat, Senin (15/7/2024).

"Ini adalah kawasan yang strategis. Kita punya infrastruktur yang berkembang di samping memanfaatkan dan memaksimalkan insentif dari pemerintah untuk harus memiliki pabrik di sini," kata dia di Subang, Jawa Barat, Senin (15/7/2024).

"Di sepanjang jalan ini juga ada pabrikan-pabrikan komponen yang saya pikir juga satu jalur untuk saling mendukung," lanjut Temmy.

Hal senada disampaikan Nguyen Duc Thanh, Vingroup Chairman Senior Advidor and CEO of Vgreen Global Charing Station Jsc. Menurutnya, sumber daya manusia (SDM) di Subang tidak kalah saing dan terdapat kolaborasi menjanjikan.

Sementara Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko juga menjelaskan pemilihan pabrik VinFast di Subang sangatlah strategis karena bisa memudahkan aktivitas logistik.

Baca juga: Toyota Rangga Campervan Parkir di GIIAS 2024

Ilustrasi pabrik VinFast di VietnamKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi pabrik VinFast di Vietnam

"Airport tidak jauh, pelabuhan lautnya juga dekat. Ada jalan tol yang mendekatkan Jakarta ke Cirebon sehingga ini kawasan yang menjanjikan," kata dia.

"Maka mulai banyak pabrikan datang ke Subang dan ini merupakan kabar yang sangat baik untuk perkembangan sumber daya manusia dan perekonomian daerah," lanjut Moeldoko.

Diketahui, pabrik VinFast di Subang, Jawa Barat ini memilki kapasitas produksi 50.000 unit per tahun. Pendiriannya menggunakan investasi senilai 200 juta dollar AS atau senilai Rp 3,1 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau