Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Kabin Mobil Tetap Segar Saat Musim Hujan

Kompas.com - 10/07/2024, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik mobil harus melakukan perawatan ekstra pada kendaraan saat musim hujan. Bukan hanya eksterior, melainkan pada bagian kabin atau interior.

Sebab, tak jarang pemilik mobil yang masuk ke kendaraan dengan kondisi alas kaki basah. Kondisi ini tentu dapat membuat karpet basah dan kabin menjadi lembab.

Edy, Pemilik bengkel spesialis interior mobil Vertue Concept di Sunter, Jakarta Utara mengatakan, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan oleh pemilik kendaraan agar mobil tetap segar, tidak menjadi lembab, sehingga tidak meninggalkan bau apak.

“Pertama dijaga kelembapannya, kemudian rutin dibersihkan dan tetap dijaga untuk di-maintenance AC. Selanjutnya di fogging sehingga tidak hanya segar tetapi juga anti bakteri,” ucap Edy, kepada Kompas.com, Selasa (9/7/2024).

Baca juga: PO Sinar Jaya Buka Trayek Blok M - Kota Harapan Indah

Salah satu cara menjaga kabin dari lembap adalah memperhatikan kebersihan bagian karpet. Pemilihan bahan dasar karpet yang pas jadi poin penting dalam menjaga kebersihan interior. Terlebih, ketika pemilik mobil sering keluar masuk kendaraan, otomatis karpet bakal menyerap air dari alas kaki.

Contoh aksesori karpet mobil jenis engraver, bisa mencegah penumpukan debu dan kotoranEngraver Contoh aksesori karpet mobil jenis engraver, bisa mencegah penumpukan debu dan kotoran

Saat musim hujan, sebaiknya pemilik mobil menggunakan karpet dengan bahan yang mudah dibersihkan.

“Intinya tidak meninggalkan bekas di saat kita masuk mobil, saat kondisi sepatu sedang becek. Contohnya, karpet yang terbuat dari bahan karet plastik atau yang terbuat dari bahan PVC Coil seperti contoh Vertue Matt,” kata Edy.

Baca juga: Berkendara Aman di Musim Hujan dengan Cover Sepatu Anti-Air

Selain itu, pemilik kendaraan bisa membuka sedikit bagian kaca semalaman. Langkah ini membantu sirkulasi udara dengan yang baru. Namun, lakukan ini ditempat yang tidak terbuka atau di garasi yang aman dari hujan.

Untuk para penggemar kopi bisa juga memanfaatkan kopi bubuk. Caranya diletakkan pada sudut kabin dan didiamkan semalaman. Tak harus kopi mahal, asalkan kopi hitam. Hal ini juga dipercaya bisa menghilangkan bau apak di dalam mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau