Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Mobil Tua Agar Tetap Prima

Kompas.com - 05/07/2024, 17:02 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki mobil tua seringkali menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Keunikan, karakter klasik, dan sejarah yang melekat pada setiap kendaraan tua menjadikannya lebih dari sekadar alat transportasi.

Namun, menjaga mobil tua tetap prima memerlukan perhatian khusus dan perawatan yang telaten. Perawatan harian mobil tua sangat penting untuk memastikan performa dan keawetan kendaraan tersebut.

"Mobil tua perlu pengecekan rutin. Pemilik harus memeriksa berbagai komponen penting seperti tekanan angin pada ban, kondisi oli, dan sistem pendingin," kata Depi dari Otospector, Jumat (5/7/2024).

Baca juga: Saat Hujan dan Kondisi Jalan Licin, Bikers Jangan Asal Ngerem

Mengabaikan pemeriksaan ini bisa berakibat fatal, mengingat usia kendaraan yang sudah tidak muda lagi. Memastikan semua komponen bekerja dengan baik adalah langkah awal untuk menjaga mobil tua tetap andal.

Selain pengecekan rutin, menjaga kebersihan mobil juga tak kalah penting. Bagian eksterior dan interior mobil tua memerlukan perhatian khusus untuk menghindari kerusakan akibat debu, kotoran, dan karat.

Mercedes-Benz 300E, salah satu mobil tua yang masih diminati.Garasi Kawula Muda Mercedes-Benz 300E, salah satu mobil tua yang masih diminati.

Membersihkan mobil secara berkala tidak hanya mempertahankan penampilan, tetapi juga melindungi materialnya dari kerusakan lebih lanjut.

Baca juga: Kecelakaan Lalu Lintas Bisa Bikin Orang Jatuh Miskin

"Pemilik juga perlua memperhatikan suara-suara yang tidak biasa dari mesin. Dari situ bisa dibaca tanda adanya masalah yang perlu segera diatasi," kata dia.

Dengan perhatian yang tepat, mobil tua dapat terus menjadi teman setia di jalan dan tetap memancarkan pesona klasiknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com