Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Spacy Kustom Cyberpunk Bertenaga Listrik

Kompas.com - 30/06/2024, 12:34 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Punya motor custom belum membuat sang empunya puas. Karena kepingin punya motor listrik akhirnya memutuskan buat modifikasi lagi dengan menukar mesin bensin jadi listrik.

Muhammad Divokartono alias Divo Gimbal punggawa bengkel Orang Senang Garage, mengatakan, belum lama ini mendapat order untuk melakukan konversi motor listrik yang asalnya sudah custom.

Baca juga: Sempat Terdistraksi, Chery Ingin Kembali Genjot Jualan Omoda 5

"Jadi klien ini awalnya ingin motor listrik soalnya semua temannya sudah punya motor listrik. Akhirnya motor customnya dia yang dikonversi," ujar Divo kepada Kompas.com, Minggu (20/6/2024).

Konversi Honda SpacyFoto: Divo Gimbal Konversi Honda Spacy

Divo mengatakan, basis motornya ialah Honda Spacy yang dimodifikasi ala cyberpunk. Awalnya motor ini merupakan kreasi Rainbow Moto Builder yang dikomandoi Adega Anggayasta.

"Ada kok di Youtube kalau ingin tahu speknya. Jadi bodinya bukan saya. Nah orangnya (pemilik) pokoknya ingin konversi jadi motor listrik," ujar Divo.

Tanpa berpanjang lebar, Divo langsung mengubah skutik "jadul" Honda tersebut jadi motor berdaya baterai. Spek penggerak listriknya kata Divo dibuat agar nyaman dipakai di jalan raya.

Baca juga: Modifikasi Mobil Tanpa Lapor, Klaim Asuransi Bisa Ditolak

"Standar ERI pokoknya, kecepatan bisa 80 kpj-100 kpj tergantung jalan, dan jarak tempuh 70 km," ujarnya.

Karena pada dasarnya hanya mengubah mesin jadi penggerak listrik, Divo mengatakan cuma butuh waktu tu minggu sampai motor bisa diajak jalan.

"Dinamonya pakai ERI berdaya 2Kw, kontroler dari Nanjing 72240, dan baterai 60V 35A jenis NMC (nikel, mangan, kobalt)," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com