Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Hari Jadi X5 yang ke-25 Tahun, BMW Luncurkan Silver Anniversary Edition

Kompas.com - 25/06/2024, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW merayakan 25 tahun kehadiran X5 dengan meluncurkan edisi khusus. Mobil yang berada di segmen sport activity vehicle (SAV) memang banyak diminati oleh pencinta otomotif di berbagai belahan dunia sejak diluncurkan pada 1999.

Kini memasuki usia ke 25 tahun, BMW meluncurkan X5 Silver Anniversary Edition. Berbasis X5 xDrive 40i, model edisi terbatas ini menampilkan berbagai elemen trim yang khas dengan kemampuan off road yang sudah ditingkatkan.

Dikutip dari keterangan resmi BMW, Selasa (25/6/2024), pada bagian eksterior X5 Silver Anniversary Edition masih mengusung ciri khas BMW double kidney grille dengan nuansa yang lebih gelap.

Baca juga: Perbedaan Diamond Cut dan Aluminium Brushed pada Modifikasi Pelek

Terdapat beberapa elemen yang diambil dari trim Sport dan M Sport X5, termasuk sentuhan warna gelap pada sekeliling jendela, roof rail, serta air intake yang dipasang di fender.

Bumper beraksen aluminium diambil dari varian Sport untuk menonjolkan karakter offroad-nya, namun dengan sedikit sentuhan performa berkat pelek berukuran 20 inci M Star-spoke bi-color wheels dari M Sport package. Kombinasi warna hitam dan aluminium dilengkapi dengan cat metalik standar BMW Individual Lime Rock Grey.

X5 Silver Anniversary Editionbmwgroup.com X5 Silver Anniversary Edition

Untuk lebih membedakan model ini dengan varian lainnya, terdapat lencana Silver Anniversary Edition ditemukan di pintu bagasi.

Masuk ke interior, pelanggan dapat memilih antara warna Black, Cognac, Coffee, atau Silverstone Sensafin pada jok sport. Dashboard dan konsol tengah memiliki trim serat karbon, yang biasanya hanya tersedia pada X5 M60i dan X5 M Competition.

Untuk infotainment, X5 Silver Anniversary Edition sudah dibekali BMW Curved Display memiliki BMW Operating System 8.5 terbaru, dan disempurnakan dengan Live Cockpit Professional yang menambahkan BMW Head-Up Display penuh warna dan navigasi BMW Maps dengan tampilan Augmented Reality.

Untuk melengkapi interiornya, sebuah plakat Silver Anniversary Edition juga disematkan di pintu kompartemen depan gear selector.

Bicara soal jantung pacu, X5 edisi khusus ini didukung oleh mesin 3.0 liter TwinPower Turbo V6 yang menghasilkan 375 Ps atau sekitar 369 Hp, dan dilengkapi dengan teknologi hibrida ringan eBoost 48V.

X5 Silver Anniversary Editionbmwgroup.com X5 Silver Anniversary Edition

Mobil ini hadir dengan transmisi otomatis 8-percepatan, namun yang istimewa dari X5 Silver Anniversary Edition adalah adanya fitur baru xOffroad Package.

Fitur baru ini pada dasarnya menyesuaikan ketinggian pengendaraan kendaraan, strategi perpindahan transmisi, pemetaan throttle, kontrol traksi, dan parameter lainnya disesuaikan dengan medan. Pengemudi dapat memilih antara xSnow, xSand, xGravel, dan xRocks pada sakelar kontrol penggerak di konsol tengah.

Pada tampilan tengah, tampilan xOffroad yang baru memberikan informasi kepada pengemudi tentang ground clearance, roll tendency, dan kemiringan medan dari semua sudut.

Selain itu, terdapat suspensi udara 2-poros yang mengubah ketinggian pengendaraan X5, dan BMW melengkapi SAV ini dengan kunci diferensial belakang mekanis.

X5 Silver Anniversary Editionbmwgroup.com X5 Silver Anniversary Edition

Untuk melindungi bagian bawah mobil, X5 Silver Anniversary memiliki pelat pelindung bagian bawah bodi mobil. Terakhir, roof rack system, BMW luggage compartment mat, and BMW all-weather floor mats untuk segala cuaca telah dimasukkan sebagai standar.

Baca juga: Jarak Tempuh Tak Jadi Patokan Mutlak Penggantian Oli Mesin

Saat ini, BMW X5 Silver Anniversary Edition 2025 dibuat untuk pasar Amerika Utara dan terbatas sekitar 1.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com