Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Mobil Pakai Airbrush Diklaim Masih Jadi Tren

Kompas.com - 22/06/2024, 15:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi menjadi salah satu kegiatan yang kerap dilakukan pemilik mobil ataupun sepeda motor untuk menambah nilai estetika kendaraannya.

Konsep dan tema yang diterapkan beragam, mulai dari ekstrem hingga sederhana dan simpel yang nyaman untuk digunakan harian.

Salah satu modifikasi yang masih banyak diminati oleh pecinta otomotif adalah airbrush. Sebagai informasi, airbrush merupakan teknik pengecatan yang banyak digunakan dalam dunia modifikasi.

Baca juga: Helm Half Face atau Full Face, Simak Keunggulan Masing-masing

Beda dengan cat biasa, seni airbrush lebih mengutamakan permainan grafis atau gambar yang membuat tampilan kendaraan lebih keren.

Tomi Gunawan, CEO Tomi Airbrush mengatakan, di tahun 2024 modifikasi airbrush masih cukup banyak diminati hanya saja lebih simple tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Modifikasi Datsun Go pemenang Live Modz di GIIAS 2015 karya Tomi Airbrush.Febri Ardani/KompasOtomotif Modifikasi Datsun Go pemenang Live Modz di GIIAS 2015 karya Tomi Airbrush.

“Masih ada (peminat airbrush), tapi sekarang grafisnya lebih simpel. Kalau sekarang mobil-mobil yang racing atau tipe sporty, warnanya tidak terlalu banyak, grafisnya lebih lancip dan tidak terlalu ramai,” kata Tomi, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta Barat, Jumat (21/6/2024).

Namun, menurut Tomi hal tersebut disesuaikan lagi kepada permintaan konsumen. Sebab, tak jarang dari mereka yang masih ingin modifikasi airbrush dengan tema ekstrem.

“Teman-teman beberapa masih ada yang suka ekstrem, semuanya disesuaikan lagi dengan keinginan customer seperti apa,” kata Tomi.

Baca juga: Jangan Abaikan Pentingnya Pengecekan Ban Serep Berkala

Selain itu, dalam melakukan modifikasi airbrush, disarankan untuk menyesuaikan konsep dengan warna mobil yang dimiliki. Misal, STNK mobil berwarna putih, bisa dibuatkan airbrush dengan warna dasar putih, baru setelah itu grafisnya ditambahkan dengan warna lain seperti merah atau hitam yang sesuai dengan konsep desainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com