Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toprak Berniat Tinggalkan WSBK dan Pindah ke MotoGP pada 2025

Kompas.com - 22/06/2024, 14:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toprak Razgatlioglu menjadi salah satu pebalap World Superbike (WSBK) yang memiliki talenta. Pebalap asal Turki itu berhasil meraih gelar juara dunia WSBK pada 2021 bersama Yamaha.

Pada musim 2024, Toprak pindah dari Yamaha ke BMW. Bersama BMW rider berusia 27 tahun itu juga tampil gacor, ia bahkan sempat mencetak hat-trick kemenangan di Misano pada akhir pekan lalu.

Meski memiliki karier yang cemerlang di WSBK, tampaknya tak bisa membendung keinginan Toprak untuk pindah berlaga di ajang MotoGP. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh manajer Toprak, Kenan Sofuoglu.

Baca juga: Helm Half Face atau Full Face, Simak Keunggulan Masing-masing

“Ada banyak ketertarikan terhadap Toprak di paddock MotoGP untuk tahun depan. Kami memiliki kontrak dua tahun dengan BMW, tapi saya sudah memberi tahu BMW bahwa kami ingin meninggalkan WSBK pada akhir tahun ini dan pindah ke MotoGP. Saya menjelaskan kepada mereka bahwa ini adalah keinginan Toprak,” ucap Sofuoglu, dikutip dari Crash, Sabtu (22/6/2024).

Pebalap World Superbike (WSBK) Toprak Razgatlioglu telah menyelesaikan dua hari tes motor balap MotoGP Yamaha YZR-M1 di Sirkuit Jerez, pada tanggal 11-12 April 2023 Dok. Yamaha Racing Pebalap World Superbike (WSBK) Toprak Razgatlioglu telah menyelesaikan dua hari tes motor balap MotoGP Yamaha YZR-M1 di Sirkuit Jerez, pada tanggal 11-12 April 2023

Sofuoglu sebelumnya telah menjelaskan bahwa Toprak hanya akan pindah ke MotoGP sebagai pebalap tim pabrikan. Jika benar, pilihannya pada tahun 2025 adalah Repsol Honda, Monster Yamaha atau Aprilia, sebab tim resmi Ducati dan KTM sudah penuh.

Sebelumnya, Yamaha sempat memberikan kesempatan untuk Toprak mencoba motor MotoGP Yamaha YZR-M1. Namun, tes tersebut tidak sepenuhnya sukses dan Yamaha memilih untuk tidak melanjutkan Toprak ke tim MotoGP.

Baca juga: Jangan Abaikan Pentingnya Pengecekan Ban Serep Berkala

BMW juga sempat diisukan bakal terjun ke MotoGP paling cepat pada 2026. Ini tentu menjadi peluang untuk Toprak bisa turun ke MotoGP dengan motor balap asal Jerman itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com