Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oli Mesin Mobil Punya Peran Penting, Jangan Sampai Salah Pilih

Kompas.com - 31/05/2024, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Penggantian oli mesin secara teratur menjadi wujud perawatan mobil paling dasar, karena hampir dilakukan oleh semua pengguna.

Hanya saja tidak semua pengguna memahami apa fungsi oli mesin selain menjaga komponen agar tetap awet. Ternyata, pelumas ini juga menentukan tenaga yang dihasilkan.

Dengan kata lain, semakin berkualitas oli mesin yang digunakan berpeluang dapat meningkatkan performa mesin.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Ini Risiko Telat Ganti Oli Mesin


Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo mengatakan pihak diler resmi biasanya memberikan rekomendasi terkait jenis oli mesin.

“Dalam hal ini diler resmi tidak memberikan rekomendasi satu jenis oli mesin, melainkan beberapa pilihan dari yang standar hingga paling baik, tujuannya agar konsumen bisa memilih,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Kamis (30/5/2024).

Muchlis mengatakan oli mesin standar yang disarankan oleh diler tentu bukan yang terbaik dalam hal menjaga performa karena masih ada pilihan yang lebih advance.

Baca juga: Apakah Perlu Mengecek Kualitas Oli Mesin Mobil ke Laboratorium?

Cek volume oli mesin lewat dipstickTangkapan layar Cek volume oli mesin lewat dipstick

“Oli standar memang harganya lebih terjangkau, tapi kualitasnya standar, tidak saya katakan jelek, tapi saran saya bagi konsumen yang menginginkan performa lebih bisa menaikkan kelas kualitas olinya,” ucap Muchlis.

Muchlis mengatakan setiap pabrikan mobil sudah melakukan penelitian terkait spesifikasi oli mesin yang paling cocok dengan mobil buatannya. Tapi, jenisnya tidak terikat pada salah satu jenis oli saja.

“Satu mobil bisa menggunakan beberapa jenis oli mesin, saran yang biasa diberikan oleh diler adalah yang paling standar atau paling aman digunakan dengan memperhitungkan segi ekonomisnya,” ucap Muchlis.

Baca juga: Tanpa Harus Tes Lab, Begini Cara Mudah Cek Kualitas Oli Mesin Mobil

Ilustrasi pelumas, minyak pelumas. SHUTTERSTOCK/ME DIA Ilustrasi pelumas, minyak pelumas.

Muchlis memberikan contoh oli mesin standar yang direkomendasikan diler resmi untuk Toyota Raize yakni TMO 10W-40, tapi mobil ini bisa menggunakan oli yang lebih berkualitas dengan memilih TMO 5W-30, 0W-20 dan 0W-16.

“Berdasarkan penelitian secara internal, oli mesin yang lebih berkualitas tersebut dapat meningkatkan performa 1 persen tiap level dari total tenaga mesin menggunakan oli standar, sehingga penggunaan TMO 0W-16 dapat meningkatkan tenaga hingga 3,3 persen,” ucap Muchlis.

Jadi, konsumen jangan terpaku pada salah satu jenis oli yang direkomendasikan oleh pihak diler karena bisa jadi itu bukan oli terbaiknya, melainkan kelas standar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com