Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GAC Aion Mau Siapkan MPV 7-Penumpang untuk Indonesia

Kompas.com - 28/05/2024, 08:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

GUANGZHOU, KOMPAS.com - Salah satu produsen otomotif raksasa asal China, GAC Aion, berencana membuat kendaraan yang terinspirasi kondisi transportasi di Indonesia, yakni mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-penumpang.

Vice President Aion Indonesia, Qin Bangshu, menyampaikan, langkah tersebut diambil sebagai upaya meningkatkan penetrasinya di Tanah Air. Mengingat, Indonesia kini menjadi negara penting bagi perusahaan di kawasan Asia selain Thailand.

"Ini akan dimulai untuk pasar Indonesia karena 7-penumpang itu sangat digemari. Jadi kita studi untuk bisa menghadirkannya dan ini menjadi strategi penting kami," kata dia saat ditemui di Guangzhou, China, Senin (27/5/2024) malam.

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Servis Rem Mobil?

GAC Hyper HTdok.GAC GAC Hyper HT

Guna merealisasikan hal tersebut, mitra baru Indomobil Group itu akan membangun pusat riset dan pengembangan (R&D) mandiri.

Hanya saja, langkah terkait akan dilakukan dalam jangka menengah-panjang. Pada tahap awal, GAC Aion lebih dulu menghadirkan produk-produk yang sudah ada di global seperti Y Plus dan Hyper HT.

"Ya, kita berencana untuk melakukan hal tersebut (membangun R&D). Di Thailand kita tidak memiliki 7-seater tetapi di Indonesia kita akan memilikinya karena pasar Indonesia jenis kendaraan tersebut sangat populer," ucap Qin.

Baca juga: Kecelakaan Truk Rem Blong di Cimahi, Tabrak Beberapa Kendaraan

GAC Aion Y Plusdok.GAC GAC Aion Y Plus

"Pada tiga tahun pertama, total kita berencana akan memiliki 7 produk untuk pasar Indonesia. Bertahap kita akan perkenalkan dari segmen yang harganya di bawah sampai atas mencakup SUV, MPV, serta hatchback," tambah dia.

Diketahui, kehadiran GAC Aion ke pasar Indonesia melalui penandatanganan kemitraan bersama Indomobil Group yang dilakukan pada 2 April 2024.

Dengannya, Indomobil lewat PT Indomobil Energi Baru ditunjuk untuk menangani distribusi, penjualan, dan purnajual produk GAC Aion.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com