Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Simpan HP di Bagasi Jok Motor Bisa Bikin Kebakaran?

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir setiap motor matik saat ini dilengkapi bagasi di bagian bawah jok. Banyak yang memanfaatkannya untuk meletakkan barang-barang, termasuk HP.

Saat kondisi hujan atau HP sedang dicas menggunakan powerbank, pengendara jadi memilih untuk menyimpan HP di bagasi. Namun, banyak yang beranggapan bahwa tindakan tersebut bisa memicu terjadinya kebakaran.

Endro Sutarno, People & Technical Development SiTEPAT (jaringan waralaba ban, oli, dan aki motor), mengatakan, jika HP diletakkan di bawah jok, yang mungkin tempatnya terlalu kecil sehingga mudah panas.

"Bagasi di bawah jok itu cukup panas. Sementara, baterai lithium itu jika terkena panas yang cukup tinggi, berpotensi terjadi kebakaran," ujar Endro saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Logikanya, baterai lithium itu tidak diperbolehkan di tempat yang panas. Apalagi, sambil dicas," kata Endro.

Selain karena faktor dari ruang penyimpanan HP, faktor lain adalah dari perangkat elektronik tersebut. HP memiliki cut off yang berfungsi memutus arus ketika daya sudah penuh.

"Baterai HP sudah tidak memiliki cut off. Jadi, begitu penuh, tidak mati, dan arus mengalir terus. Akibatnya, baterai yang ada di HP mengalami overcharged," ujar Endro.

"Lama-kelamaan, baterainya menjadi panas, ruangannya sendiri juga panas. Itu juga bisa mengakibatkan kebakaran," kata Endro.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/05/22/081200915/mitos-atau-fakta-simpan-hp-di-bagasi-jok-motor-bisa-bikin-kebakaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke