Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Akal-akalan Bengkel AC seperti Ini Rawan Bikin Mobil Terbakar

Kompas.com - 19/04/2024, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Akal-akalan atau memperbaiki mobil dengan ala kadarnya kerap dilakukan oleh pihak bengkel termasuk spesialis AC.

Motif perbaikan tersebut bisa karena soal ketersediaan onderdil yang susah didapat, harga onderdil mahal, dan sebagainya. Sehingga, pilihan alternatif diperlukan agar sistem AC tetap bisa digunakan.

Bahkan, bengkel yang bisa memperbaiki tanpa harus mengganti onderdil tertentu dianggap lebih jago dan memiliki kelebihan karena kreativitasnya. Sayangnya, tidak semua pihak bengkel mempertimbangkan efek jangka panjangnya.

Baca juga: Rutin Ganti Filter AC Mobil, Cegah Risiko Infeksi Saluran Pernapasan


Dewa, Pemilik Bengkel AC Mobil Jogja, mengatakan, pihaknya kerap menjumpai perbaikan AC mobil yang di luar nalar dan bisa dikatakan mengabaikan keselamatan.

“Saya pribadi sih tidak menyarankan perbaikan yang sifatnya asal-asalan, misal asal AC dingin tapi mengabaikan keselamatan dalam jangka panjang, ada banyak jenis perbaikan yang cukup berisiko,” ucap Dewa kepada Kompas.com, Jumat (19/4/2024).

Salah satu perbaikan yang kerap dijumpai menurut Dewa adalah memodifikasi kelistrikan pada sistem AC dengan langsung menyambung kabel tambahan dan memasang perangkat tambahan.

Baca juga: Satu Keluarga Tewas, Benarkah Kebocoran AC Mobil Bisa Sebabkan Kematian?

Ilustrasi cek AC mobilKOMPAS.com/ SELMA AULIA Ilustrasi cek AC mobil

“Sistem AC pada mobil modern saat ini sudah lebih kompleks sehingga untuk menelusuri masalah kelistrikan akan lebih rumit dan butuh waktu lama, belum lagi teknologi terbaru yang belum tentu dipahami oleh bengkel AC,” ucap Dewa.

Dewa mengatakan, jika tidak memahami sistem kelistrikan AC pada mobil tertentu, sebaiknya pihak bengkel AC tidak usah mengubah rangkaian kelistrikan.

“Mobil sekarang menurut saya lebih rumit dan sensitif, kadang hanya dengan menyambung kabel saja bisa bikin masalah serius karena tidak memahami prinsip kerja dan potensi risikonya,” ucap Dewa.

Baca juga: Penyebab AC Mobil Kurang Dingin Saat Dinyalakan Siang Hari

Servis AC Toyota Camry Hybrid membutuhkan metode khusus namun lebih sederhana.AC Mobil Jogja/Dewa Servis AC Toyota Camry Hybrid membutuhkan metode khusus namun lebih sederhana.

Dewa mengatakan, jika modifikasi dilakukan asal-asalan maka ada potensi terjadi korsleting. Selain itu, ketahanan kabel sudah diukur mampu dilalui oleh daya listrik berapa ampere jika berlebihan akan panas.

“Penyambungan kabel yang tidak terukur akan membuat arus listrik mengalir lebih besar pada kabel bawaan pabrik, penyambungan tidak presisi juga bisa memicu terjadinya korsleting dan memicu kebakaran,” ucap Dewa.

Bahkan, Dewa masih menjumpai penggantian sekring menjadi lebih besar untuk menyiasati modifikasi yang dilakukan, padahal kekuatan kabel ada batasnya biasanya tidak jauh dari angka sekring.

Baca juga: Bolehkah Hidupkan AC Mobil Saat RPM Mesin Tinggi?

Terdapat peta lokasi sekring dan relay untuk masing-masing perangkat kelistrikan bodi mobil pada tutup kotak sekring.Tangkapan layar Terdapat peta lokasi sekring dan relay untuk masing-masing perangkat kelistrikan bodi mobil pada tutup kotak sekring.

“Bila sekring bawaan pabrik 7,5 ampere terus diubah 25 ampere kan sudah terlalu jauh, pertanyaannya apakah kabelnya mampu? Jika tidak kan potensi terjadi panas dan memicu kebakaran,” ucap Dewa.

Nah, itu tadi jenis perbaikan AC pada mobil yang bisa memicu terjadinya kebakaan. Maka dari itu, perbaikan kelistrikan sebaiknya tidak dilakukan asal-asalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com