Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vinales Membandingkan Aprilia dengan Yamaha dan Suzuki

Kompas.com - 16/04/2024, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales tampil luar biasa di MotoGP Amerika 2024. Pebalap Aprilia tersebut jadi orang pertama yang menang memakai tiga motor berbeda di era MotoGP modern.

Vinales mengatakan, dia bisa menang karena punya motor bisa diajak bertarung. Pebalap asal Spanyol itu kemudian membandingkan motor Aprilia yang saat ini dipakai dengan Yamaha dan Suzuki.

Baca juga: Ditinggal Orang Tua Makan, Anak Tidur dan Terkunci Dalam Mobil

"Ya, saya beruntung, di masa lalu saya tidak memiliki senjata yang saya miliki sekarang untuk menyalip. Semua orang tahu betul bahwa di masa lalu saya kesulitan untuk mendekati para pebalap," ujar Vinales dikutip dari Crash, Selasa (16/4/2024).

Pebalap Aprilia Maverick Vinales, juara di MotoGP Amerika 2024Crash.net Pebalap Aprilia Maverick Vinales, juara di MotoGP Amerika 2024

Vinales mengatakan, perbedaan utama motor Aprilia dibandingkan Yamaha dan Suzuki, ialah bisa diajak late braking. Ketika semua motor saat ini berusaha mengerem lebih dekat saat mau masuk tikungan, kemampuan ini jadi keungglan tersendiri.

"Dengan saya memiliki motor sekarang dan bisa mengerem, tentu saja tidak mudah untuk menyalip, tapi saya bisa mencobanya dan itu fantastis," ujarnya.

"Saya memiliki senjata untuk mencobanya. Tentu saja Anda tidak bisa selalu memulai dan memimpin balapan dari tikungan pertama, jadi Anda harus berjuang dan semua orang terlambat mengerem dan bertarung, tetapi saya di sana berjuang," katanya.

Baca juga: Kemenhub Klaim Program Mudik Gratis Kurangi Kasus Kecelakaan

Pebalap Aprilia, Maverick Vinales (kanan), berkostum Batman saat naik ke podium MotoGP Mandalika 2023. Pada balapan utama yang digelar Minggu (15/10/2023) siang WIB di Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Vinales berhasil finis kedua di belakang sang pemenang Francesco Bagnaia dari tim Ducati. (Foto oleh SONNY TUMBELAKA/AFP)AFP/SONNY TUMBELAKA Pebalap Aprilia, Maverick Vinales (kanan), berkostum Batman saat naik ke podium MotoGP Mandalika 2023. Pada balapan utama yang digelar Minggu (15/10/2023) siang WIB di Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Vinales berhasil finis kedua di belakang sang pemenang Francesco Bagnaia dari tim Ducati. (Foto oleh SONNY TUMBELAKA/AFP)

Vinales mengatakan, saat memutuskan hengkang dari Yamaha banyak orang ragu dia bakal berhasil. Sebab saat itu pabrikan Jepang mendominasi MotoGP, tapi sekarang semua berubah.

"Itu luar biasa dan di Aprilia kami juga bekerja keras untuk memahami di mana kami bisa menyalip dan bagaimana caranya," kata Vinales.

"Tahun lalu kami mengubah cukup banyak keseimbangan motor dan saya menemukan lagi kecepatan yang saya miliki dan bisa mencapainya," kata pebalap asal Spanyol tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com