Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kepadatan di Merak, Ini Lokasi SPBU Rekomendasi Pertamina

Kompas.com - 08/04/2024, 18:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai langkah antisipasi penumpukkan antrean di Pelabuhan Merak, Banten, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Barat mengimbau supaya pemudik melakukan pengisian BBM sebelum titik kemacetan.

Titik dimaksud ialah rest area kilometer (KM) 43 A dan KM 68 A di ruas Tol Jakarta-Merak. Sehingga pemudik tidak perlu khawatir ketika antre masuk Pelabuhan Merak.

Demikian imbauan Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan dalam keterangannya, Senin (8/4/2024).

Baca juga: Tips Aman Mengemudi di Lajur Contraflow, Nyalakan Lampu Sein

Foto udara kendaraan calon pemudik menunggu antrean di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Minggu (7/4/2024) dini hari. Pada puncak arus mudik lebaran 2024, ribuan kendaraan roda empat sudah memadati Pelabuhan Merak untuk menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni. ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga Foto udara kendaraan calon pemudik menunggu antrean di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Minggu (7/4/2024) dini hari. Pada puncak arus mudik lebaran 2024, ribuan kendaraan roda empat sudah memadati Pelabuhan Merak untuk menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni.

“Kami mengimbau para pemudik yang akan menyeberang di pelabuhan Merak untuk mengisi BBM terlebih dahulu di SPBU Pertamina Rest Area KM 43A atau SPBU Pertamina Rest Area KM 68A sebelum exit tol Merak yang mengalami kemacetan panjang,” kata dia.

Perusahaan sendiri telah menyiapkan antisipasi peningkatan kebutuhan BBM para pemudik yang melintasi wilayah Banten dengan menyiagakan SPBU dan layanan tambahan di sepanjang jalur Tol Jakarta – Merak menuju Pelabuhan Merak.

Para pemudik dapat melakukan pengisian BBM mulai dari SPBU di Rest Area KM 13, Rest Area KM 43, dan Rest Area KM 68, dan SPBU di exit tol Merak.

Selain itu, Pertamina juga telah menyiapkan 2 SPBU Modular di Rest Area Non SPBU di KM 70, Dermaga Executive Merak, serta menyiagakan 8 motorist yang dapat mengantarkan BBM apabila pemudik kehabisan bahan bakar di lokasi yang jauh dari SPBU.

Baca juga: Perjalanan Bus AKAP Terlambat karena One Way dan Contraflow

Ilustrasi SPBU Pertamina. Daftar SPBU yang diawasi Pemprov DKI Jakarta menjelang mudik Lebaran untuk mencegah kecurangan.PERTAMINA Ilustrasi SPBU Pertamina. Daftar SPBU yang diawasi Pemprov DKI Jakarta menjelang mudik Lebaran untuk mencegah kecurangan.

“Apabila pemudik kehabisan BBM, bisa menggunakan fasilitas Pertamina Delivery Service yang dapat dikontak melalui Call Center 135. Motorist dari Pertamina siap memberikan pelayanan kepada para pemudik,” ujarnya.

Sebelumnya, berdasarkan laporan Korlantas Polri, terdapat peningkatan volume kendaraan pada arus mudik Lebaran 2024 di Tol Jakarta-Merak yang pada akhirnya berdampak pada kepadatan di Pelabuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com