Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Pakai Daihatsu Sigra, BBM Full Bisa sampai Mana?

Kompas.com - 26/03/2024, 16:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Sigra merupakan salah satu lini produk Daihatsu yang cukup diminati masyarakat Indonesia.

Hadir dengan banyak varian dan memiliki kisaran harga mulai Rp 138 juta sampai Rp 181 juta, mobil golongan low cost green car (LCGC) dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ini bisa merangkul segala lapisan masyarakat.

Tak hanya itu, beragam hal yang dimiliki Sigra juga tak kalah menarik. Misalnya, tampilan wajah yang modern, irit bahan bakar, hingga dimensinya sebagai mobil 7-penumpang.

Baca juga: BBM yang Tercampur Air Bisa Bikin Mobil Mogok dan Merusak Komponen

Kompas.com akan membuat simulasi seberapa jauh Daihatsu Sigra bisa melaju dalam kondisi satu tangki penuh. Menurut data spesifikasi, mobil yang masuk kategori LCGC ini memiliki kapasitas tangki 36 liter.

Booth Daihatsu di GIIAS 2023 menampilkan Sigra dan SirionKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth Daihatsu di GIIAS 2023 menampilkan Sigra dan Sirion

Untuk mendapatkan hasil seberapa Sigra melaju, kapasitas tadi dikalikan dengan konsumsi BBM. Hasil konsumsi ini berdasarkan pengetesan yang sudah kami lakukan di rute jalan yang beragam.

Pengetesan itu menggunakan unit Sigra tipe R bermesin 1,2 liter dengan transmisi manual. Hasilnya, LCGC asal Jepang tersebut mencatatkan konsumsi BBM 14 km per liter. Artinya, satu liter BBM bisa membuat Sigra jalan sejauh 14 km.

Jadi, kalau dikalikan dengan kapasitas tangki BBM Sigra yang 36 liter, hasilnya adalah 504 km. Kalau diasumsikan dengan jarak tersebut, dalam satu kali pengisian penuh Sigra bisa menempuh perjalanan Jakarta-Semarang yang mencapai 443 km.

Baca juga: Estimasi Biaya Kuras Tangki BBM yang Kemasukan Air

Namun, perlu diperhatikan bahwa angka konsumsi BBM bisa saja berubah, tergantung kondisi.

Berkaca dengan kebiasaan pemudik, mobil diisi penuh dengan penumpang dan barang. Artinya, bobot kendaraan jadi lebih berat, yang berakibat konsumsi BBM jadi lebih boros dari hasil pengetesan kami.

Apalagi, saat mudik, ada saja kondisi jalanan yang macet, bahkan di tol sekalipun. Jadi, konsumsi BBM bisa lebih boros lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com